Artikel Terbaru

Akasa Projects Bukan Sekedar Buku Catatan Biasa

Walau sudah zamannya serba digital, kecepatan tangan menggores tinta di atas kertas masih tak bisa tergantikan. Menulis berbagai ide dan berbagai catatan yang seringkali berbentuk abstrak di dalam kepala terkadang masih harus dituangkan dalam sebuah buku catatan atau agenda hingga terlihat gambaran besarnya. Akasa Project, sebuah label lokal yang memproduksi buku catatan, jadi salah satu yang menggarap benda ini lewat isu yang tak sekedarnya saja.

Banyak berbagai desain buku catatan yang beredar di pasaran, namun buku catatan yang berfungsi sebagai jurnal sehari-hari harus yang bentuknya lebih spesial dari biasanya.

Produk Akasa yang didominasi dengan warna indigo melewati proses pewarnaan alam untuk menghasilkan sampul bukunya. Bukan sekedar buku catatan biasa, Akasa ingin mempromosikan nilai-nilai budaya Indonesia lewat produk yang dibuat secara telaten langsung dengan tangan, dan dipikirkan dengan serius tiap sudut rancangannya.

Foto : Instagram/akasaprojects
Foto : Instagram/akasaprojects

Tak seperti buku catatan dengan teknik produksi massal, buku catatan ini melewati proses yang tidak tergesa-gesa dan selalu belajar dari tradisi kekayaan budaya sebelum akhirnya menerjemahkan sebuah produk.

Hasilnya ada 2 jenis material yang menjadi buku sampul Akasa, yaitu material yang dibuat dengan cara tenun atau handwoven dan dengan serat seperti linen atau handspun. Semua diwarnai dengan pewarna natural. Selain warna indigo dengan motif garis yang acak, ada pula pilihan warna hitam.

Foto : Instagram/akasaprojects
Foto : Instagram/akasaprojects

Jenis kertasnya juga tersedia dengan 2 pilihan, tipe kosong untuk dijadikan buku sketsa atau tipe bergaris untuk komposisi catatan agar terlihat lebih rapi.

Kamu bisa mendapatkan buku catatan ini di beberapa gerai di Jakarta seperti Aksara, Art&Science, Stockroom, UnionGoods, Semasa atau toko online seperti bobobobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *