Artikel Terbaru

Aplikasi Aman Untuk Gadget Anak

Tanpa disadari teknologi digital memanjakan kita dengan segala kemudahan. Dari cara berkomunikasi dengan orang, mencari informasi terbaru dengan cepat hingga terhibur dengan aplikasi yang disediakan. Bahkan banyak orang tua yang sengaja membiarkan anaknya menggunakan smartphone untuk menyenangkan mereka dan menciptakan rasa nyaman serta tenang. Bagaimana tidak ? apabila sedang berada di tempat keramaian seperti restoran, keberadaan gadget sangat membantu anak-anak duduk manis tanpa lari-larian atau tidak bisa diam normalnya anak kecil. Sehingga ipad, smartphone atau sejenisnya kini menjadi alat yang efektif untuk mendamaikan suasana. Namun hal ini juga harus diwaspadai, karena tidak semua informasi dan aplikasi memiliki dampak positif. Misalnya saja gambar pornografi yang ditampilkan lewat visual kartun, kata-kata kasar yang bisa dengan mudah dicontoh anak-anak dan lain sebagainya. Sehingga tidak ada salahnya, kita sebagai orang tua bisa menyaring aplikasi apa saja yang ramah buat anak-anak dan mana yang tidak. Berikut pilihannya yang cocok untuk anak usia batita hingga 10 tahun.

  1. YouTube Kids

Kini anak-anak bisa dengan mudah membuka You Tube yang penuh dengan berbagai informasi, dari tutorial, video clip, film dan lain-lain. Namun bila tidak disaring, bisa berbahaya karena banyak konten yang tak pantas untuk ditonton anak-anak. Jangan khawatir ! kini tersedia YouTube Kids yang memfilter konten yang tak pantas untuk anak, dan menyajikan tampilan yang lebih ramah bagi anak-anak. Tak hanya itu, pencarian di Youtube Kids juga lebih dikaitkan dengan berbagai hal di dunia anak. Seperti lagu anak-anak dengan kalimat yang mendidik, permainan edukasi, mengenal binatang, belajar membaca dan lain sebagainya.

 

  1. Animal Sounds

Aplikasi ini memberikan pilihan belajar mengenal hewan secara digital. Bukan hanya dapat mengetahui nama hewan dari gambar maupun foto, namun juga suara dari 200 hewan yang ditampilkan. Mulai dari hewan ternak, hewan liar, mamalia, burung, hewan peliharaan, serangga, hewan air dan reptil. Aplikasi ini sangat cocok untuk anak berusia 1-5 tahun yang sedang memperkaya kosa kata. Mereka akan senang membuka-buka gambar hewan dan menirukan suara hewan-hewan yang ada. Selain itu, juga ada aktifitas lainnya seperti storytelling, zoo puzzle, coloring serta zoo quiz.

 

  1. The Human Body Lite

Aplikasi ini tentu akan menjadi sarana mengenalkan anak-anak tentang bagian-bagian yang ada pada tubuhnya. Tak hanya memberikan pengetahuan tentang bagian tubuh, aplikasi ini juga memberikan pengetahuan tentang cara perlakuan yang perlu diberikan. Misal gigi perlu disikat, jika tidak, maka akan muncul bekas makanan di sekitar gigi. Seru kan ?

 

  1. Let’s Do The Math

Anak-anak TK sebaiknya dikenalkan pelajaran matematika melalui permainan sederhana, agar tak menjadi momok saat sudah semakin sulit. Nah, aplikasi buatan Kids Game Learn ini mengajarkan anak berhitung, melakukan perkalian-pembagian, dan mengetahui operasi angka negatif-positif. Oleh karena ada operasi perkalian pembagian, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk anak Sekolah Dasar hingga kelas 4. Berbeda dengan cara belajar di sekolah, cara belajar di aplikasi ini sangat menyenangkan dan penuh warna.

 

  1. Toddler Counting 123 Kids

Aplikasi ini mengajak anak usia prasekolah untuk belajar menghitung dengan cara mudah dan menyenangkan. Tidah hanya berbentuk angka namun visualnya menarik untuk anak, seperti gambar hewan, bunga dan lain sebagainya.

 

  1. Marbel Belajar Huruf Alfabet

Sejak tampilan awal, aplikasi ini sudah disertai musik dan suara yang seru. Panduan mengoperasikannya pun dengan suara berbahasa Indonesia sehingga tak harus dipelajari terlebih dahulu. Dalam pelajaran per huruf, anak akan diajak mengenal bentuk dan bunyi huruf tersebut. Cukup tekan tanda panah, huruf aneka warna akan bergeser sembari berbunyi sesuai hurufnya.  Misalnya, “a” untuk apel, “c” untuk cermin, “f” untuk foto, dan seterusnya. Selain itu,  ada 7 permainan seru tentang huruf yang dapat dimainkan anak sembari belajar mengenalnya. Mulai dari tebak huruf, balon huruf, gelembung huruf, cocokan huruf, tebak gambar, tangkap huruf, dan puzzle huruf.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *