Foto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Alasan Angka Timbangan Berat Badan Naik Setelah Olahraga

Mendapati angka timbangan berat badan naik, padahal tengah menjalankan olahraga rutin dan diet ternyata merupakan hal yang lumrah.

Tak perlu panik, perhatikan penjelasannya!

  1. Retensi air setelah olahraga

Ketika angka timbangan berat badan menurun setelah baru saja selesai olahraga, seringkali penyebabnya bukan dari pembakaran lemak melainkan cairan beserta keringat yang hilang dari tubuh. Sementara, jika angka timbangan malah naik, artinya ada retensi air, atau air di dalam tubuh tertahan. Mengingat tubuh manusia terdiri dari 90% air, retensi tersebut bahkan bisa berjumlah hingga 4,5kg.

BACA JUGA :

Kombinasi Olahraga dan Diet Kalori Untuk Berat Badan Ideal

Lini Mode Streetwear dari Marimekko

Penyebab Mata Asimetris dan Cara Menyamarkannya 

  1. Banyak faktor penyebab timbangan berat badan naik

Angka di timbangan tak hanya menjelaskan lemak semata. Skala berat seseorang merupakan kombinasi dari otot, lemak, tulang otak, gas, kelenjar getah bening, urin, hingga udara yang berada di dalam paru-paru. Setelah olahraga, tiap organ dapat berubah beratnya hingga 15%.

  1. Volume otot dan volume lemak

Berat lemak dan berat otot sama porsinya di dalam tubuh, hanya saja volume otot lebih padat daripada volume lemak. Maka jika sedang membentuk otot tubuh dan timbangan naik, kemungkinan olahraga yang dijalani berhasil. Tapi jangan lupa untuk memeriksa massa lemak secara terpisah untuk memastikan diet juga berlangsung dengan baik.

Daftarkan diri kamu di berbagai kelas olahraga yang diadakan oleh Bloom by Itjeher.com untuk hasil yang lebih efektif.

 

 

 

 

 

More Stories
Masker Mulut Sebagai Pencegahan Terkena Virus. Itjeher.com
Tips Pakai Masker Agar Tehindari Virus Corona di Indonesia