Catatan Editor

Mode

Bila berbicara mengenai mode, tentunya tidak jauh dari tren serta sesuatu yang membuat kita tampil kekinian. Ada 5 negara di dunia yang menginspirasi fashion dunia, yaitu Amerika, London, Jepang, Perancis dan Itali. Dan hampir setiap tahun, tren itu tercipta sesuai dengan musim yang ada di negara tersebut. Misalnya spring-summer fashion week dan fall-winter fashion week. Sehingga hampir semua  rancangan mengacu pada presentasi gaya di pagelaran bergengsi ini. Namun yang ingin saya bahas kali ini adalah bahwa perkembangan mode di tanah air juga tidak kalah maju dan modern. Bahkan beberapa desainer muda ataupun senior berhasil membawa tren rancangan mereka ke mancanegara. Dan diterima dengan baik oleh pasar internasional. Sebut saja Biyan Wanaatmadja dengan karyanya yang mengacu pada warisan budaya Indonesia, sangat menarik perhatian pasar Eropa. Selain itu, Ghea S. Panggabean yang  memiliki ciri khas tersendiri dengan selalu memasukan etnik Indonesia di setiap karya-karyanya,  mampu menggaet banyak pencinta busana di seluruh dunia. Serta Rinda Salmun yang membawa tradisi Wayang ke Wina, Austria.

Bisa dibilang, budaya atau tradisi Indonesia memiliki daya tarik yang kuat dalam menciptakan inspirasi sebuah rancangan. Seperti obrolan saya dengan mas Lulu Lutfi Labibi di Yogyakarta, beliau pun berhasil memasarkan lurik ke kancah internasional dan mampu menarik para konsumen untuk datang ke Jogja serta membeli koleksinya.

“ Bisa dibilang aku dan lurik sangat dekat dan tumbuh bersama. Secara konsisten aku membawa dan mengolah lurik sehingga sukses mengangkatnya ke posisi yang membanggakan. Walau penuh dengan rintangan dan cobaan, aku berhasil melestarikan karya seni budaya Indonesia ini sukses mendunia. Sehingga tren itu bisa diciptakan melalui berbagai cara, tidak selalu harus melihat keluar, di negeri sendiri pun bisa menjadi inspirasi yang kuat untuk membuat suatu karya yang istimewa, “ ujar Lulu.

Hal ini tentunya menjadi masukan dan contoh yang positif untuk para desainer muda bahkan pencinta mode di tanah air. Kalo bukan kita yang melestarikan budaya Indonesia, lalu siapa lagi ?

Kekaguman kami dari itjeher.com dengan keberhasilan saudara- saudara kita di Indonesia yang melebarkan sayapnya ke luar negeri menjadi hal utama yang akan diulas di kanal mode selama bulan Agustus ini. Namun jangan khawatir ! kita juga akan menampilkan tren mode yang ada di kota mode dunia.  Dari pilihan busana, aksesori, hingga kiat-kiat  yang bisa membuat kamu selalu terlihat keren dan gaya. Ditunggu yaa…..

 

Canti Sari

Pemimpin Redaksi

 

Susunan Redaksi

PEMIMPIN REDAKSI – CANTI SARI

REDAKTUR EKSEKUTIF – IVANA SITANGGANG

REDAKTUR SENIOR – AULIA FITRISARI

DESAINER GRAFIS – AJENG RATIH DEWANI C.

PEMIMPIN PENJUALAN & PEMASARAN : DEARY ERSTAFLORIA

EKSEKUTIF AKUN : NURFITRIANI INAYAH ILHAM