Catatan Editor

SEHAT JIWA & RAGA

Sehat jiwa dan sehat raga harus sejalan beriringan. Bagaimana menciptakan tubuh yang sehat secara jiwa dan raga agar kehidupan menjadi lebih baik setiap harinya ? salah satunya dengan berolahraga. Dengan berolahraga pasti dapat membuat raga menjadi lebih sehat dan juga meredakan stres serta pikiran.

Munculnya aktivitas olahraga yang beragam memberi tren yang positif di kalangan generasi muda. Sehingga dengan berolahraga membuat kamu menjadi sehat dan juga keren. Dan tentunya sudah menjadi budaya yang menyenangkan. Nah ! ada satu lagi budaya yang harus ditanamkan oleh banyak kalangan, yaitu aktivitas ramah lingkungan.

Kegiatan ini memang sudah berlangsung, namun banyak yang belum menjadikan hal ini budaya atau rutinitas yang patut dilakukan. Padahal aktivitas ramah lingkungan bisa membuat tubuh kamu sehat jiwa dan raga loh!

Selain itu, kamu juga dapat membantu ekosistem atau lingkungan menjadi tidak rapuh. Misalnya ramah lingkungan dapat membuat udara lebih bersih dan bebas polusi. Otomatis kita menghirup udara yang bersih. Selain itu sampah plastik, dari contoh kecil yang kini sedang ramai diperbincangkan adalah sedotan plastik. Menurut data oleh LSM Divers Clean Action (DCA), pemakaian sedotan di Indonesia setiap saat mencapai 93.244.847 batang yang berasal dari restoran, minuman kemasan, dan sumber lainnya. Jumlah konsumsi sedotan per hari andaikan disusun memanjang, panjangnya akan mencapai 16.784 km atau setara dengan jarak Jakarta – Mexico City. Jika diakumulasi seminggu, panjangnya bisa mencapai 117.449 km atau setara dengan jarak 3 kali keliling bumi.

Yang menjadi masalah, walaupun sedotan plastik rata-rata panjangnya hanya sekitar 10 cm, namun perlu 500 tahun lamanya agar sampah plastik tersebut bisa terurai secara alami. Remahan plastik yang terbawa ke laut akan menjadi mikroplastik yang kemudian termakan binatang laut seperti ikan hingga sekecil plankton. Selain merusak ekosistem laut, bila binatang laut tersebut dikonsumsi manusia, efek buruknya pun akan diderita oleh kita sendiri. Serem ya !

Oleh karena itu, Itjeher.com khusus di bulan Juli ini mengangkat tema Sehat & Raga yang ingin mengajak kamu semua untuk mulai membudayakan ramah lingkungan ini. Bisa dari membawa sedotan sendiri ke restoran dari sedotan bambu, kaca dan juga kertas yang sudah banyak dijual di pasaran atau membawa tas belanjaan bila ke toko atau supermarket sehingga mengurangi penggunaan plastik.

Dimulai dari kamu yuk ! dengan begitu kamu bisa menjadi contoh yang keren buat temen-temen kamu. Simak terus kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mendukung aktivitas ramah lingkungan di itjeher.com bulan ini.

 

Canti Sari

Pemimpin Redaksi