Catatan Editor

MODEST FASHION

Indonesia menjadi negara pelopor busana muslim yang dianggap mengikuti syariat islam namun tetap terlihat stylish. Terbukti dengan semakin banyaknya desainer tanah air yang dipercaya menampilkan serta memasarkan koleksi modest wear di kancah internasional.

Itang Yunasz yang merupakan desainer senior Indonesia, memiliki peran yang dominan dalam menggerakan busana muslim menjadi busana yang modern, dinamis dan mengikuti tren.  Pada tahun 2000, Itang Yunasz mengambil langkah berani dengan mengubah target marketnya dari busana eksklusif perempuan yang mewah menjadi busana muslim.

Langkah ini tergolong nekat karena saat itu busana muslim tidak banyak dilirik karena belum ada pasarnya.Itang Yunasz hadir dengan membuat dobrakan dengan menelurkan karya-karya yang mampu memberikan nafas baru pada busana muslim menjadi sesuatu yang modis, kontemporer dan tetap terlihat anggun.

“Masa itu busana muslim atau modest wear lebih banyak dikenakan oleh kalangan bawah. Sementara perempuan di kalangan menengah atas belum banyak yang mengenakannya, yang menurut saya disebabkan karena image busana muslim di masa itu yang desainnya membosankan dan tidak mengikuti trend. Kalau pun ada yang keren, harganya tidak murah,” kenangnya.

Akhirnya ia pun menghadirkan karya dengan pilihan desain busana muslim yang setara dengan busana trendi lainnya. Dan kini banyak desainer senior dan muda yang juga mengikuti jejak Itang Yunasz. Sebut saja Ria Miranda, Ivan Gunawan, Dian Pelangi, Tuti Adib, Barli dan lain sebagainya.

Dan tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, koleksi merekapun banyak diminati oleh pecinta modest wear dunia. Sebut saja, Nina Nugroho, Jeny Tjahyawati, Lia Soraya, Tuti Adib, dan Lia Afif, menampilkan koleksi busana muslim mereka di Hong Kong Fashion Week 2019. Selain itu, Tika Ramlan yang vakum di dunia tarik suara, kini membuat busana hijab yang tampil di Dubai Modest Fashion Week 2019.

Tentu saja, selain menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, merancang busana muslim tentunya memiliki kesenangan tersendiri khususnya bagi yang mengenakan modest wear atau hijab. Ingin mengikuti jejak para desainer diatas yang sukses dengan bisninya ? ikuti artikel di itjeher.com selama bulan Mei 2019.
Oh iya ! jangan lupa ya hadiri Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) yang akan kembali menyapa para pecinta modest wear tanah air,  mulai 1-4 Mei 2019.

 

Canti Sari

Pemimpin Redaksi