Catatan Editor

SENI

Seni menurut aku  luas sekali artinya. Bahkan memadumadankan busana saja bisa dibilang seni di bidang fashion. Dari kombinasi warna, padanan bentuk, sampai detail yang diaplikasikan pada busana juga bisa dibilang seni. Sehingga seniman itu tidak melulu merujuk kepada seni lukis, seni tari, seni patung ataupun musik.

Seni adalah keindahan, dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan para penikmatnya merasa dalam kebahagiaan. Tidak heran, banyak seniman yang melontarkan berbagai karya yang penuh dengan warna serta mengalirkan energi dan keceriaan. Namun tidak sedikit mengungkapkan kesedihan melalui seni yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai. Benar juga ya….pernah tidak pada saat kamu sedang merasa sedih, malah ingin mendengar lagu yang mellow lalu membuat kata-kata yang merupakan ungkapan rasa hati berupa puisi. Atau pada saat jatuh cinta, ingin menggambarkannya melalui coretan di kertas lalu diberi warna yang romantis. Semua ini bisa dibilang kamu sedang melakukan karya seni.

Seni di Indonesia memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Banyak seniman muda yang ramai-ramai berkarya di segala aspek bahkan hingga membuat kolaborasi yang menarik perhatian banyak orang. Sehingga seniman Indonesia banyak dilirik oleh pencinta seni mancanegara dan ingin karyanya dipamerkan di negeri mereka. Seperti yang pernah aku tulis di artikel seni & budaya itjeher.com mengenai seniman komikus Eko Nugroho yang diundang untuk memamerkan karyanya lewat mural, patung hingga fiberglass di Shanghai, Tiongkok. Dan ia merupakan salah satu duta Indonesia yang membawa nama harum negeri kita. Di edisi kali ini akan banyak “Eko Nugroho” lainnya yang dibahas di itjeher.com dengan tema baru bulan Oktober yaitu Seni.

Salah satu pencinta seni Indonesia yang juga membuat aku kagum dan bisa menjadi inspirasi banyak orang adalah Maggie H.Eddy. Maggie adalah seorang seniman dan pendiri rumah seni 2madison yang berdiri sejak tahun 2013. Ketika aku bertanya mengenai tujuan mendirikan 2madison, Maggie menjawab bahwa ini adalah ide spontan dan sedikit nekat menurutnya untuk membuat sebuah tempat yang mewadahi produk desain dan seni Indonesia untuk mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Saya tahu betapa frustasinya ketika sudah punya karya tetapi tidak punya wadah untuk memperkenalkannya kepada masyarakat. Dan melalui 2madison berharap bisa menyediakan tempat untuk memayungi orang kreatif Indonesia. Dan berjalannya waktu, aku berhasil menggandeng para seniman, illustrator, desainer, maupun crafter lainnya untuk menampilkan karya disini dan bisa dinikmati oleh orang banyak,” ujarnya.

Pada bulan Februari lalu, 2madison membuat BazArt yang bertujuan memberi ruang kepada komunitas kreatif untuk memamerkan karya mereka serta untuk menstimulasi jiwa entrepreneur  generasi muda. Di sini, seniman dan desainer muda dapat membagikan ilmu mereka kepada publik melalui beragam lokakarya. Namun 2madison ternyata tidak sendiri, kini banyak wadah serupa yang memiliki visi sama, seperti Art Jakarta, Arturaicad dan lain sebagainya. Selain itu, di bidang seni musik, setiap tahun selalu diadakan Java Jazz Festival, acara musik kampus hingga Prambanan Jazz Festival yang terus menghasilkan karya luar biasa indah dan memanjakan para pencinta seni tanah air dan mancanegara.

Sehingga membahas seni sangat luas dan tidak akan pernah ada ujungnya. Itjeher.com akan terus memberikan informasi terkini dan inspiratif untuk diberikan kepada kalian semua di bulan Oktober ini. Yuk cintai seni Tanah Air Indonesia !

Canti Sari

Pemimpin Redaksi