Catatan Editor

 

KOREAN WAVE

Demam Drakor (Drama Korea) ternyata banyak dialami oleh banyak orang. Tidak disangka, teman-teman aku yang tadinya tidak meyukai Drama Korea bahkan anti, kini mulai mengisi waktu dengan nonton drama seri yang ceritanya membuat baper (bawa perasan).

Memang kini Korea Selatan memberi pengaruh luar biasa dalam kehidupan manusia khususnya kaum perempuan. Kalau Amerika punya Hollywood, Asia punya Korea Selatan. Meski tak ingin disamakan, Negeri Ginseng itu bisa disebut negara yang sukses memasarkan industri kreatifnya. Lihat saja betapa remaja di Indonesia tergila-gila musik dan selebriti Korea.

Demam kultur pop Korea ini atau yang sering disebut Korean Wave sedang mewabah dalam skala global. Korean Wave adalah hasil kolaborasi sistematis pemerintah dan pihak swasta dalam pengembangan industri kreatif Korea Selatan yang dipicu oleh krisis finansial 1997-1998.

Tidak hanya industri musik tapi juga film, fashion, hingga kuliner. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Korean Foundation, per tahun 2015 tercatat ada 35 juta fans K-pop yang tersebar di 86 negara.

Dan di bulan September kali ini, itjeher.com akan membahas mengenai Korean Wave yang semakin digandrungi dan mendunia. Khususnya di kanal Kecantikan, yang akan memberi tren warna seputar rambut, riasan wajah ala penyanyi k-pop hingga perona kuku yang sedang ramai disana. Ditunggu ya !

Canti Sari

Pemimpin Redaksi