Mengurangi Asupan Garam

0
949

Hidup tanpa bersenang-senang sama halnya dengan makanan tanpa garam. Garam memiliki peran penting dalam memberi rasa pada makanan. Namun, apabila terlalu berlebihan juga dapat merugikan tubuh kita. Ada satu hal yang harus kita perhatikan, yaitu perbandingan asupan natrium dan kalium yang kita konsumsi setiap hari. Setiap hari, tubuh kita hanya membutuhkan sekitar 6 gram garam agar dapat berfungsi normal. Namun seringnya, asupan garam yang masuk ke dalam tubuh, rata-rata 7 hingga 10 gram bahkan bisa lebih. Hal ini yang dapat merugikan tubuh karena tekanan darah kita jadi meningkat (hipertensi).

Ada beberapa kiat yang wajib kamu ikuti untuk menghindari konsumsi garam yang berlebih, yaitu :

  1. Mengurangi Makanan Kemasan

Olahan makanan ringan, banyak mengandung kadar garam yang sangat tinggi sehingga berdampak juga pada kalori dalam tubuh kita yang meningkat. Baca label dalam kemasan telebih dahulu. Pilih yang mengandung kadar garam atau sodium rendah.

  1. Hindari Menambah Garam

Kadang kalau sedang berada di restoran, kita suka menambahkan garam yang ada di meja makan. Padahal, makanan yang disajikan, sudah cukup memberi garam untuk perasa. Lebih baik kendalikan diri untuk hal ini, karena garam meja yang disajikan banyak yang mengandung 40 % sodium.

  1. Memasak Makanan Sendiri

Hal ini sangat menguntungkan, tidak hanya untuk diri kita namun untuk keluarga di rumah. Masak makanan sendiri dapat mengontrol jumlah garam. Karena apabila lidah kamu terbiasa dengan makanan asin atau gurih, maka akan selalu merasa kurang dan terus menambahkan rasa asin di dalamnya.  Caranya, taburkan garam di akhir proses memasak,  karena makanan sudah terasa gurih dengan bumbu masak laiinnya.

  1. Coba Alternatif Sumber Garam

Sebagai alternatif garam kita dapat menggunakan rempah rempah, bumbu kari, bubuk mustard, lemon, cuka, cabe, bawang putih, dan masih banyak lagi. Dan jika kamu memang tidak bisa meninggalkan garam, pilih garam rendah sodium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here