Langkah Pintar Mengatasi Anak Demam

0
1149

Anak demam menjadi salah satu hal yang dihindari ole banyak orangtua. Pasalnya, demam dapat menjadi pertanda banyak penyakit, yang amat ditakuti oleh orangtua. Saking paniknya, terkadang banyak orangtua yang bingung mengatasi anak yang terserang demam.

Kecemasan yang dialami orangtua akan menimbulkan beberapa tindakan yang berlebihan dalam penanganan demam. Padahal, demam merupakan suatu mekanisme yang terjadi di dalam tubuh dalam mengatasi infeksi.

Demam tidak berbahaya asalkan tidak menimbulkan dehidrasi, kesadaran menurun, ataupun kejang. Berikut beberapa langkah pintar yang bisa kamu lakukan ketika mendapati anak demam.

Kompres air hangat

Apabila penyebab demam adalah infeksi virus, kamu dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat di sini berfungsi menurunkan suhu secara otomatis. Hindari menggunakan alkohol atau air dingin karena alkohol uapnya yang berbahaya terhirup bayi.

Periksa suhu secara berkala

Agar kamu bisa mengontrol suhu tubuh anak, gunakan termometer dan pastikan suhu tubuh tetap di suhu 36-37 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, berikan air putih agar tidak kekurangan cairan.

Obat penurun panas

Menurut ahli, jika suhu tubuh anak telah mencapai 38-38,5 derajat celsius, kamu bisa memberikan obat penurun demam seperti parasetamol. Parasetamol merupakan obat penurun demam yang dianggap memiliki efek samping yang rendah pada tubuh bayi. Tapi agar tidak mengalami resiko gangguan fungsi hati, sesuaikan dosis dengan anjuran obat.

Penangan dokter

Jika dalam tiga hari anak masih mengalami demam, sebaiknya periksakan anak ke dokter. Selain itu apabila anak demam dengan kondisi urin kental, salah satu penyebabnya bisa dikarenakan infeksi saluran kemih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here