Orang Dewasa Juga Wajib Vaksin Difteri?

0
1429
Vaksin Difteri untuk Orang Dewasa. Itjeher.com

Vaksin difteri telah disebarkan di seluruh Indonesia karena penyakit difteri yang kembali mewabah. Selain anak kecil, orangtua disebut-sebut juga harus melakukan vaksin ulang, walaupun telah mendapatkan imunisasi DPT saat masih kecil, benarkah?

Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium dan biasanya menyerang amandel, tenggorokan, hidung, serta kulit. Penyakit ini menyebar melalui partikel udara lewat batuk, bersin, atau tertawa. Jika terkena penyakit ini, kamu akan merasakan gejala berupa radang tenggorokan, serak, hingga masalah pernapasan.

Vaksin untuk difteri itu sendiri ada tiga jenis, yaitu DPT-HB-Hib, vaksin DT, dan vaksin Td. Vaksin ini diberikan pada usia yang berbeda, diantaranya bayi dibawah satu tahun, anak usia 18 bulan, anak sekolah kelas 1 SD, kelas 2 SD dan kelas 5 SD.

Munculnya kasus difteri pada orang dewasa memang sebagian besar disebabkan karena tidak divaksin atau status imunisasi yang kurang lengkap sejak kecil. Itulah sebabnya kamu perlu memastikan apakah sudah menerima vaksin difteri atau belum. Jika memang belum, maka kamu tetap harus diimunisasi lagi untuk mencegah terkena penyakit ini.

Walaupun sudah divaksin, kekebalan tubuh terhadap penyakit difteri ini bisa saja menurun. Idealnya, vaksin difteri diberikan sebanyak tiga dosis sejak usia dua tahun hingga usia 18 tahun (usia 5 tahun, 10-12 tahun, dan 18 tahun). Setelah itu, vaksin ini akan semakin efektif bila diberikan setiap 10 tahun selama seumur hidup. Karena, vaksin hanya mampu memberikan perlindungan selama 10 tahun, sehingga setelah 10 tahun perlu diberikan booster atau penguat.

Bila terdapat salah satu orang yang termasuk suspek difteri di lingkungan sekitar kamu, maka harus segera meminta divaksinasi ulang meskipun sudah pernah divaksin saat kecil. Vaksin difteri ini bertujuan untuk menambah kekebalan tubuh dari penularan penyakit difteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here