Tips Tetap Fokus Saat Kerja di Rumah

0
918
Kerja di rumah. Itjeher.com

Kerja di rumah adalah salah satu pilihan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan ibu. Walau fakta ini tak sepenuhnya benar, namun banyak para ibu yang memutuskan untuk bekerja freelance di rumah, sambil mengasuh anak.

Hal ini dianggap dapat menyeimbangkan kehidupan antara pekerjaan dan hidup rumah tangga seseorang. Karena itu, banyak pula perusahaan yang kini mempekerjakan para karyawan yang bisa bekerja di rumah.

Namun, melakukan kerja di rumah bukan hal yang mudah, apalagi ketika memiliki anak. Bagaimana agar semua pekerjaan selesai tepat waktu? Berikut beberapa tipsnya.

Bersyukur

Kebanyakan orang sering merasa terpaksa bekerja, bahkan ketika datang dan bekerja di gedung kantor. Hal ini yang membuat orang bekerja sambil malas-malasan, dan menjadi tidak fokus. Untuk membuat mood kamu semangat dalam bekerja di rumah, coba bersyukur saat bangun di pagi hari, lakukan meditasi, makan sarapan yang lezat dan hangat. Bersyukur dapat menjauhkan kamu dari pikiran yang malas dan tidak termotivasi.

Ikuti jadwal

Karena kamu tidak berada dalam jam kerja yang pasti seperti di kantor, pastikan kamu memiliki jadwal yang harus dijalani. Apalagi, saat di rumah waktu berjalan amat cepat, mengatur jadwal pekerjaan berdasarkan waktu amat penting untuk dilakukan.

Matikan semua pemecah pikiran

Di dunia yang serba terkoneksi sekarang ini, amat mudah untuk kehilangan fokus karena pesan di whatsapp, menanggapi komentar teman di facebook, atau membaca berita terbaru yang tiba-tiba muncul. Maka itu, amat penting mematikan semua pemecah pikiran tersebut, selama bekerja. Buat jadwal dimana kamu harus memeriksa email, dan matikan semua notifikasi di telepon genggam dan komputer.

Pilih musik yang tepat

Untuk membuat suasana bekerja yang nyaman, kamu bisa menggunakan musik untuk mendukung mood yang semangat. Karena itu, pilih musik yang benar-benar mendukung kamu untuk produktif, dan membuat mood positif di ruang kerja.

Membuat batasan yang tepat di dalam rumah

Pastikan kamu memiliki jadwal dan batasan dimana kamu tidak bisa diganggu di dalam rumah, kecuali hal yang darurat. Namun, kamu harus menyesuaikan jadwal bekerja kamu sesuai dengan kegiatan di rumah pula. Jika kamu memutuskan untuk bekerja di rumah sambil mengawasi anak, pastikan tetap ada yang menjaga mereka selama kamu kerja di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here