Ini Aturan Diet Keto Bagi Pemula

0
1543
Diet Keto. Itjeher.com

Diet keto adalah salah satu tren menurunkan berat badan yang sedang marak akhir-akhir ini. Banyak sekali orang yang ingin melakukan diet ini, namun bingung memulainya. Apakah kamu salah satunya?

Biasanya program diet pada umumnya hanya membatasi makanan yang membuat kamu merasa kenyang dan merekomendasikan makanan alternatif yang membuat ketergantungan. Tapi, jika cara ini belum berhasil, diet keto mungkin bisa jadi alternatif.

Diet ketogenic, atau juga disebut “keto”, sebenarnya pola makan lama, tapi kini menjadi sangat populer. Diet ketogenic awalnya terlihat seperti hanya menghindari gula, tapi kenyataannya pola sesungguhnya adalah konsumsi lemak tinggi dan menghindari berbagai jenis karbohidrat yang memicu glukosa tinggi di dalam darah. Sehingga harapannya kalori harian didapat 70-75% dari lemak, 20% dari protein, dan 5% dari karbohidrat.

Target dari diet keto adalah membatasi karbohidrat sehingga tubuh mampu beralih menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama. Konsumsi makanan tinggi lemak dan menghindari karbohidrat akan menempatkan tubuh kamu dalam metabolisme keton yang disebut ketosis.

Gaya hidup ketogenic semaksimal mungkin menggunakan rasio lemak tinggi, protein menengah, dan minim karbo. Ini akan membuat kamu cenderung merasa kenyang lebih lama, padat kalori, sehingga nutrisi yang dibutuhkan lebih sedikit dari kebutuhan harian. Makan 1-2x sudah cukup.

Kamu bisa memilih daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan, telur, keju, dan lemak alami. Pilih buah yang rendah gula seperti alpukat dan kelapa. Hindari buah-buahan manis seperti pisang, mangga, nanas, anggur, dan lainnya. Kamu bisa juga mengonsumsi sayur-sayuran dalam porsi normal, juga kacang-kacangan. Selama menjalani diet keto, tubuh sebisa mungkin menghindari semua jenis karbo seperti beras, gandum, gula, makanan bertepung dan pati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here