Liquid Diet, Sehat atau Tidak?

0
1387
Liquid diet, sehat atau tidak? Itjeher.com

Liquid Diet awalnya dibuat untuk orang-orang yang sedang sakit parah. Kondisi orang ini tidak bisa mencerna makanan pada lambung, sehingga diberikan makanan dalam bentuk cair. Namun, hal ini diadaptasi sebagai salah satu metode diet, karena dianggap efektif menurunkan berat badan.

Metode diet ini berbeda-beda, ada yang hanya mengonsumsi jus buah dan sayur atau shake untuk menggantikan makanan padat yang biasanya dimakan. Jus buah dan sayur atau shake ini bisa dikonsumsi tiga sampai empat kali sehari.

Cara lainnya adalah mengganti makanan padat di waktu pagi dan siang hari dengan minuman, bisa jus buah dan sayur atau shake. Mereka yang menggunakan metode kedua ini bisa tetap makan makanan padat saat makan malam, namun makanan yang dikonsumsi harus sehat.

BACA JUGA:

Ini Aturan Diet Keto Bagi Pemula

Manfaat Putih Telur untuk Mendapatkan Bentuk Tubuh Ideal

Ini Dia Menu Sarapan Agar Perut Rata

Apakah liquid diet ini efektif menurunkan berat badan? Banyak pelaku diet ini mengakui berat badan mereka sukses turun dengan mudahnya. Penurunan berat badan yang cepat karena pengurangan kalori ini tidak sepenuhnya benar. Ketika berat badannya turun, mereka merasa lemaknya juga berkurang. Padahal kenyataannya yang hilang bukan lemak melainkan hanya cairan atau massa otot.

Liquid diet dilakukan dalam jangka waktu pendek ataupun panjang sangat tidak disarankan Hal itu karena pada dasarnya tubuh manusia sudah didesain untuk proses mengunyah. Aktivitas mengunyah ini tetap penting dilakukan karena pada saat itu air liur diproduksi, [ada saat memproduksi air liur tersebut, proses pencernaan karbohidrat sudah terjadi di dalam tubuh. Maka itu banyak ahli yang tidak menyarankan liquid diet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here