12 Makanan yang Dapat Membuat Jantung Sehat

0
1437

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Bagaimana tidak, jantung berfungsi memompa aliran darah keseluruh tubuh selama 24 jam penuh. Mengingat perannya yang sangat penting membuat organ yang satu ini perlu dijaga kesehatannya. Selain untuk menjaga kinerja jantung tetap optimal, menjaga kesehatannya juga bisa mencegah dari serangan berbagai macam penyakit jantung.

Banyak faktor yang mengakibatkan seseorang terkena penyakit jantung, salah satunya pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kurang olah raga, dan banyak memakan makanan yang berlemak.

Oleh karena itu, kamu harus menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin untuk menjaga kesehatan jantung. Kamu bisa memulai dari hal-hal yang kecil, seperti misalnya mengkonsumsi makanan sehat dibawah ini :

  1. Buah Pisang

Kandungan kalium potassium dan makanan yang mengandung vitamin B ini, juga sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung dan menghindari tekanan darah tinggi

  1. Biji Bijian

Makanlah biji bijian yang tidak mengandung banyak garam misalnya biji wijen. Kandungan vitamin E dan makanan yang magnesium adalah antioksidan kuat yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jaringan kulit

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung Omega 3 yang dapat melancarkan pembuluh darah yang ada di jantung dan jaringan otak.

  1. Oats

Konsumsilah makanan oats yang di dalamnya terdapat gandum, telur dan sebagainya. Oats mengandung Omega 3, magnesium, potassium, kalsium , serat tinggi. Selain itu, oats dapat melancarkan proses penyerapan produksi kolesterol tinggi pada jantung.

  1. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai zat anti bakteri, zat penyembuh luka dan zat allysulfrides yang manjur menurunkan kolesterol yang merugikan. Hal ini akan melancarkan kinerja jantung dalam memompa darah untuk dialirkan kerseluruh jaringan tubuh.

  1. Kacang Kacangan

Kacang kedelai dan kacang hitam sangat baik untuk kesehatan jantung. Kedua jenis  kacang ini merupakan makanan yang mengandung protein nabati tinggi dan serat yang mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung mendadak dan penyakit stroke.

BACA JUGA :

Jantung Sehat dengan Jalan 30 Menit Sehari

Manfaat Buah Apel yang Direbus untuk Berbagai Penyakit

Orang Dewasa juga Wajib Vaksin Difteri

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau orange misalnya wortel  dan tomat, mengandung makanan kaya serat, vitamin C, potassium yang dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, yang mengakibatkan stroke yang  akhirnya dapat mengganggu kinerja jantung.

  1. Coklat Hitam

Makan coklat yang mempunyai kadar cokelat asli hingga 80 persen sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung flavonoid  dan asam stearat yang tinggi yang mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat. Kandungan ini dapat menghambat radikal bebas yang dapat merusak dinding arteri jantung.

  1. Makanan Laut

Makanan laut seperti ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah dan melindungi jantung dari resiko terkena aritmatia jantung.

  1. Buah Semangka

Semangka mengandung senyawa lycopen yang kuat yang terbukti dapat mencegah gejala penyakit jantung dan menyehatkan jantung dari dalam.

  1. Minum Teh Hijau Tanpa Gula

Teh hijau memiliki Zat menenangkan dan mengandung flavonoid yang dapat melindungi jantung dai peradangan dan mencegah adanya sernagan jantung. Minumlah sehari sekali setiap hari agar manfaatnya dapat dirasakan.

  1. Jeruk Manis

Mengandung banyak serat dan vitamin C yang mampu menghancurkan dan menghambat protein galektin yang bersifat merusak sel, bagian arteri dan jaringan jantung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here