Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas dengan Aromaterapi

0
1228

Kadang kita menganggap remeh aktivitas tidur akibat rutinitas yang sangat padat. Sama seperti kebutuhan makan, tidur juga sangat penting bagi tubuh. Bukan saja perlu teratur, melainkan tidur pun perlu memadai dan berkualitas. Jika waktu tidur pulas terpenuhi, tubuh dan unsur kejiwaan kita akan lebih sehat.

Orang yang kekurangan tidur bisa  menjadi lebih sensitif, mudah emosi dan lekas marah. Akibat buruk yang lain, produktivitas menurun, cenderung melakukan kesalahan dalam pekerjaan, dan tidak tampil prima.

Bukti bahwa tidur itu sangat penting, bayi baru lahir hampir seluruh jamnya dipakai untuk tidur. Tidur dibutuhkan buat bertumbuh. Bagi orang dewasa, tidur merupakan masa pemulihan fisik, mengganti bagian tubuh yang aus dan rusak, serta pembersihan tubuh (detoksifikasi). Luput memberi tubuh waktu untuk pemulihan, tentu akan merusaknya.

BACA JUGA :

Tips Menghilangkan Stres dari Instruktur Yoga

Ini Manfaat Tidur Telanjang

Posisi Kasur Memengaruhi Kualitas Tidur, Benarkah ?

Agar tidue nyenyak dan berkualitas, ada cara yang efektif. Yaitu dengan meletakkan salah satu dari 3 aromaterapi bunga berikut yang diletakkan di samping tempat tidur kamu.

  1. Lavender

Berdasarkan sebuah studi tahun 2005, aromaterapi lavender berhasil mempercepat waktu tidur 31 koresponden dan membuat tidur mereka lebih nyenyak. Bunga berwarna ungu ini dapat membuat otot rileks dan perasaan menjadi tenang. Selain itu, aroma lavender yang kita hirup dapat merubah mood jelek menjadi bagus. Nah, setelah tubuh terasa rileks, otomatis kita akan cepat tertidur pulas. Selain itu lavender juga mampu mengusir nyamuk.

  1. Cendana

Dari zaman kuno hingga saat ini, penggunaan yang paling penting dari cendana adalah efek sedatifnya pada sistem saraf. Para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang diperbolehkan untuk mencium aroma cendana, gelombang otaknya menjadi rileks. Meskipun aromanya hanya sedikit berbeda dari aroma kayu-kayuan lain, cendana menenangkan kecemasan, kemarahan dan kegusaran, serta membuat tidur. Hal ini sangat baik bagi mereka dengan insomnia. Kayu cendana yang diambil minyaknya, akan menghasilkan aroma wangi yang khas dan juga bermanfaat untuk kesehatan.

  1. Chamomile

Bunga yang berwarna putih dengan kombinasi warna kuning ini mampu mengatasi kecemasan dan gangguan tidur.  Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak dari bunga chamomile dapat merangsang rasa kantuk. Setelah menghirup aroma wanginya yang mirip apel, kita akan cepat merasa ngantuk dan tertidur deh. Jadi bisa tidur pulas dan bangun pagi dengan segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here