Diet Biji-Bijian untuk Tubuh Singset Langsing

0
1049
Diet Biji-Bijian. Itjeher.com

Diet biji-bijian adalah salah satu tren hidup sehat yang sedang naik daun. Seperti mengganti sarapan dengan menu granola dan oatmeal, adalah salah satu cara menjalani diet jenis ini. Selain memiliki nutrisi tinggi, biji-bijian memiliki manfaat menurunkan berat badan.

Jenis biji ini tidak berkutat di granola dan oatmeal saja, ada banyak macam biji-bijian yang memiliki banyak manfaat dan gizi bagi tubuh.

Apa saja jenis biji tersebut? Berikut beberapa pilihannya.

Chia Seed

Chia seed atau biji chia adalah salah satu jenis biji-bijian yang paling sering diolah menjadi menu diet sehat. Chia bermanfaat bagi diet sehat karena memiliki kandungan serat yang tinggi dan alami. Selain itu, chia juga berisi protein, zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan asam lemak omega-3. Kamu bisa mencampur chia dengan berbagai makanan tanpa perlu diolah. Taburkan di atas jus buah, smoothies, sup, salad, dan pilihan makanan sehat lainnya.

Biji Rami

Biji rami adalah biji berwarna cokelat gelap yang mengandung tinggi protein. Menurut penelitian, satu sendok biji rami mengandung 1-2 gram serat alami, yang membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain khasiat memperlancar pencernaan, diet biji-bijian rami dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara.

BACA JUGA:

Aturan Diet Penderita Asam Urat

Diet Pisang yang Memberi Banyak Manfaat untuk Tubuh

Khasiat Air Lemon untuk Diet

Biji Bunga Matahari

Sebelum tren diet biji, sejak dulu biji bunga matahari telah terkenal sebagai makanan ringan. Namun ternyata khasiat di balik camilan ini banyak. Secangkir biji bunga matahari memberikan sepertiga dari kebutuhan vitamin E dan fosfor tubuh. Selain itu terdapat pula asupan protein, serat, zinc, folat, vitamin B6, dan juga kolin.

Biji Labu

Biji yang berwarna kecokelatan ketika dipanggang ini memiliki sumber mineral, magnesium, potasium, dan seng yang baik. Di dalam 1 ons biji labu mengandung 126 kalori, 5 gram protein, dan 5.5 gram lemak. Kamu bisa menambahkan biji labu di atas panggangan oatmeal, sebagai salah satu menu diet biji-bijian yang lezat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here