Penyakit Campak Suku Asmat Darurat Karena Terhubung dengan Gizi Buruk

0
496
penyakit campak suku asmat itjeher.com

Penyakit campak suku asmat jadi wabah yang punya angka tinggi di Papua. Selain campak, Kabupaten Asmat juga terkena dampak gizi buruk yang cukup darurat. Secara geografis, Kabupaten Asmat memang relatif sulit dijangkau oleh akses kesehatan dan air bersih. Sementara fasilitas jalan dan transportasi juga tidak mudah, karena perjalanan dilakukan melalui sungai hingga lama mencapai lokasi.

Memang bukan rahasia lagi jika masalah kesehatan di Papua minim penanganan. Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementrian RI dr Achmad Yurianto bahkan mengatakan banyak bayi yang belum diimunisasi karena hidupnya jauh di hutan. Tak heran wabah penyakit campak suku Asmat sangat mudah merebak.

BACA JUGA :

Orang Dewasa juga Wajib Vaksin Difteri?

Bahaya Absen Vaksin Difteri

Campak memang merupakan penyakit yang bisa menular dan biasanya menyerang anak berusia di bawah lima tahun. Penyakit ini terutama akan semakin memburuk jika menyerang anak yang punya riwayat gizi buruk.

penyakit campak suku asmat itjeher.com

Imunisasi yang diberikan bernama Measles Rubella (MR). Penyakit measles atau campak ini jika tidak segera ditangani akan menyebabkan komplikasi serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, bahkan kematian.

Karena butuh penanganan sesegera mungkin, penyakit campak suku Asmat ini tentu dapat perhatian lebih dari pemerintah secara bertahap. Kolaborasi Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan TNI serta Polri turun langsung memberi bantuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here