Apa itu Batu Ginjal dan Bagaimana mencegahnya?

0
1299
Batu Ginjal. Itjeher.com

Nefrolitiasis atau dikenal dengan nama batu ginjal adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal seorang manusia. Material ini adalah akumulasi dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal dan kemudian mengendap dan mengkristal.

Orang yang mengalami penyakit ini biasanya berusia 30 -60 tahun, dengan presentasi 10 persen wanita dan 15 persen pria.

Endapan ini bisa disebabkan oleh makanan, atau masalah kesehatan lain. Berdasarkan jenisnya batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsim, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Gejala penyakit ini tidak akan terasa, jika pengkristalan membentuk batu masih berukuran sangat kecil dan bisa keluar dari tubuh secara alami melalui urin. Namun gejala batu ginjal akan terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter (saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih). Batu yang besar bergesekan dengan dinding ureter, menyebabkan iritas bahkan luka yang biasanya membuat urin berdarah. Saluran ureter yang luka ini bisa menyebabkan pembengkakan akibat infeksi, sehingga membuat rasa nyeri di area pinggang, perut bagian bawah atau samping, selangkangan, disertai dengan mual.

BACA JUGA:

Cara Menghilangkan Gigi Kuning dengan Baking Soda

Cara Merawat Lensa Kontak Agar tidak Merusak Mata

Pilih- Pilih Alat Kontrasepsi dengan Cermat

Gejala lainnya jika sudah terjadi infeksi di ginjal antara lain urin tampak keruh, berbau tidak sedap, badan lemas, menggigil, dan demam tinggi. Jika gejala batu ginjal berikut telah terjadi, segera konsultasikan ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here