Manfaat Pijat Bayi yang Wajib Diketahui

0
1021
Manfaat stimulasi pijat bayi. Itjeher.com

Pijat bayi adalah salah satu cara stimulasi pada bayi yang disarankan oleh para dokter. Stimulasi pijat merupakan kombinasi bentuk stimulasi multi modal, yaitu raba, gerak, yang dilakukan orangtua, tenaga kesehatan atau anggota keluarga lainnya.

Bersamaan dengan ritual ini, pada saat orangtua memijat, otomatis sang ibu atau ayah juga melakukan stimulasi auditory (mengajak bayi bicara, menyanyikan lagi), stimulasi visual (tatapan mata), dan lainnya.

Tujuan dari pijat bayi adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak, dan kombinasi stimulasi lainnya. Ritual ini disarankan dilakukan di lingkungan yang nyaman dan menyenangkan. Lakukan selama 15 menit secara rutin, tanpa ada batasan frekuensi dalam satu hari.

Perlu diperhatikan, teknik pemijatan bayi yang lahir cukup bulan dan bayi kurang bulan juga berbeda.  Teknik untuk bayi yang lahir cukup bulan memiliki banyak variasi, dan meliputi hampir semua bagian tubuh.

Stimulasi pijat berbeda dengan urut tradisional. Urut seringkali dikaitkan penyembuhan penyakit, hal ini yang menyebabkan tukang urut akan tetap melanjutkan pijat walau anak menangis. Padahal pada stimulasi pijat, bayi harus merasa nyaman dan senang. Apabila bayi menunjukkan tanda kurang nyaman atau menangis, maka pijatan harus segera dihentikan, dan mencari penyebab bayi tersebut menangis.

BACA JUGA:

Manfaat Bawang Putih untuk Makanan Bayi

Tampil Gaya dengan Gendongan Bayi Motif Keren

Anak Bayi Sakit? Lakukan Ini

Banyak sekali manfaat dari pijat bayi, diantaranya dapat meningkatkan frekuensi menyusu, meningkatkan berat badan bayi, membantu bayi untuk berlatih relaksasi, membuat tidur lebih lelap, meningkatkan ikatan antara bayi dan orangtua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here