Diet Sehat dengan Protein

0
835

Untuk kamu yang memiliki banyak aktifitas, protein menjadi sumber energi yang paling penting untuk dikonsumsi. Fungsi protein sebagai zat pembangun tubuh, memiliki kandungan sulfur, hydrogen, fosfor, nitrogen, oksigen dan asam amino.  Bahkan, protein bisa menjadi solusi yang tepat untuk  menurunkan berat badan. Berikut kegunaan protein untuk tubuh yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

  1. Untuk Metabolisme Tubuh

Tubuh kita memerlukan dukungan metabolisme yang kuat dari protein. Dengan metabolisme ini, semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi dan pengolahan berbagai zat yang masuk ke tubuh bisa dilakukan dengan baik. Otomatis tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, protein dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sehingga mampu melindungi dari serangan kuman dan bakteri. Namun, sebaiknya kita juga  perhatikan jumlah protein yang sesuai untuk tubuh agar kita agar tidak terlalu berlebihan. Yaitu rata-rata diperlukan 1.2 – 1.7 gram/kg protein atau sekitar 30 % setiap porsinya.

  1. Dapat Memelihara Kesehatan Jantung

Protein dapat menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang didapatkan dari makanan. Sehingga kita bisa terlindungi dari kolesterol buruk yang dapat menyebabkan resiko penyakit jantung. Selain itu, Protein menjadi zat yang baik untuk tubuh terutama untuk membantu pembentukan tenaga. Berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak diperlukan tubuh sebagai cadangan energi. Namun semua proses itu tidak bisa dilakukan tanpa protein. Protein membantu tubuh dalam mengolah energi dari kalori dan berbagai jenis sumber makanan lain.

  1. Mengurangi Berat Badan

Hal ini yang paling dicari oleh hampir semua perempuan. Protein terbukti dapat mengurangi nafsu makan. Jika kamu ingin  menurunkan berat badan , pastikan kamu mendapatkan cukup protein dalam sehari dan kurangi karbohidrat serta makanan berkalori laiinnya yang berlebih. Makanan yang mengandung protein, antara lain telur Putih , daging , ayam tanpa kulit , ikan laut, jamur, gandum dan kacang-kacangan.

  1. Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Ikan laut yang merupakan sumber protein tinggi juga mengandung vitamin D yang mineral seperti zinc serta selenium. Hal ini berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga tulang.  Selain itu, bila mengkonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E dan B, dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berasal dari  polusi dan sinar matahari. Sehinnga bermanfaat untuk untuk mencegah kulit menjadi kusam, rambut rontok dan tentunya mencegah penuaan dini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here