Jangan Dianggap Biasa, Karies Gigi Bisa Mengancam Nyawa

0
1347
karies gigi itjeher.com

Struktur berbentuk lubang berupa penyakit yang dinamakan karies gigi paling banyak menyerang anak balita Indonesia. Melihat ada lubang di gigi balita Indonesia, memang masih sering dianggap biasa. Padahal penyakit ini mampu membuat penderitanya merasa sangat nyeri. Apalagi jika tak kunjung ditangani, maka bisa mengancam nyawa.

Bagaimana penyakit gigi yang nampaknya sederhana ini bisa berujung pada kematian?

Karies gigi ternyata tak hanya berhenti menggerus email gigi saja dan membuatnya berwarna kehitaman, namun akan menyebar ke bawah bagian email gigi. Jika dibiarkan maka penyebaran penyakit akan sampai pada saraf gigi yang menyebabkan infeksi meradang dan rasa nyeri yang semakin tajam. Efek yang ditimbulkan pun akan semakin parah seperti timbul nanah dalam gusi, hingga jerawat.

Nanah tersebut kemudian turun ke akar gigi dan mengalir ke pembuluh darah. Akibatnya wajah bagian pipi hingga mata menjadi bengkak.

BACA JUGA :

Ini Umur yang Tepat untuk Pasang Kawat Gigi

Cara Mneghilangkan Gigi Kuning dengan Baking Soda

Saat sudah menyebar terlalu jauh, tubuh akan mencoba melawan infeksi, sayangnya dapat terjadi sepsis. Dalam kasus ini tubuh memberi respon yang berlebihan pada infeksi sehingga menyebabkan kesalahan fungsi organ.

Untuk mencegah kematian, memang bisa dilakukan tindakan darurat seperti operasi. Tapi bagi yang tidak tanggap, banyak yang melewatkan pemeriksaan begitu saja.

Padahal untuk mencegah karies gigi tak sesulit yang dibayangkan. Cukup rutin menyikat gigi dengan kandungan fluoride dua kali sehari setelah makan, dan sering mengangkat plak dan sisa makanan dengan benang pembersih gigi. Untuk pembersihan lanjut, kunjungi dokter secara rutin setiap 6 bulan sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here