Cara Membesarkan Anak yang Bahagia

0
734
Anak yang Bahagia. Itjeher.com

Siapa yang tidak ingin mempunyai anak yang bahagia? Pasti semua orangtua ingin melihat anaknya bahagia dan senang melebihi dirinya sendiri. Akan tetapi, kadang kita mendapati kondisi anak terlihat murung dan bersedih, bagaimana menghadapinya?

Hal ini bisa dipengaruhi oleh perilaku orangtua di depan anak, dan juga mood orangtua ketika berada di sekitar anak. Karena itu, orangtua perlu berhati-hati berucap dan melakukan banyak hal di depan anak.

Berikut adalah beberapa tips agar anak yang bahagia dapat besar dan menyayangi orangtuanya.

Ajarkan selalu positif

Melihat orangtua yang selalu berpikir positif dapat membantu anak meneladani perilaku tersebut. Ajari anak bersikap positif, meski sedang mengalami musibah atau bencana di dalam keluarga. Hal ini juga dapat membatu anak mengatasi masalah dengan efisien.

Tidak mengeluh

Hal negatif seperti mengeluh dapat menular ke orang lain, apalagi anak sendiri. Ketika mendengar orangtuanya mengeluh, dia akan melihat situasi tersebut lebih pesimis. Dengan begini, hal positif tidak akan menghampirinya, dan selalu melihat masalah dari sisi pesimis terus.

Untuk itu, hindari mengeluh di depan anak. Jika ingin berkeluh kesah kepada pasangan, usahakan tidak di depan anak.

BACA JUGA:

Bahaya Serbuan Iklan Diantara Tontonan Anak

Kylie Jenner Melahirkan Anak Perempuan di Usia 20 Tahun

Membahas Komunikasi Orangtua dan Anak di Digital Parenting

Berikan kepercayaan diri

Membebaskan anak untuk bermain dapat memberikan efek positif bagi pribadinya. Karena dengan hal ini, akan membuat dirinya lebih kreatif dan percaya diri. Kebebasan ini membuat anak lebih berani berinisiatif di masa depan.

Jangan bagi rasa stres ke anak

Ketika kamu memiliki rasa stres karena suatu masalah, usahakan jangan kamu tularkan ke anak. Seperti masalah keuangan, masalah rumah tangga, sebaiknya tidak kamu tunjukkan di depan anak karena akan memberi efek negatif. Hindari masalah tersebut di depan anak hingga mencapai umur dimana mereka memiliki mental yang mampu berfikir menghadapi masalah tersebut. Dengan tips-tips ini, anak yang bahagia pasti bisa dibesarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here