Yuk Tertawa! Ini Efek Positifnya untuk Kesehatan

0
728

Tertawa tidak hanya baik untuk mengurangi stres. Kebiasaan ringan ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Penyebab tawa bisa bermacam-macam, ada spontan dilakukan, ataupun terjadi karena melihat dan mendengar sesuatu yang lucu.

Ingin tahu apa saja manfaat tertawa bagi tubuh dan kesehatan? Berikut paparannya.

Baik untuk jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, tawa dapat membuat peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena pelepasan hormon endorfin, membuat perasaan negatif hilang. Selain tawa, kamu juga bisa mendapatkan efek yang sama dari kegiatan lain seperti mendengarkan musik, atau berolahraga.

Seperti olahraga

Tertawa bisa dibilang sebagai olahraga ringan untuk tubuh. Ketika seseorang melakukannya, wajah akan mengalami peregangan otot, hal ini meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Tak hanya itu, tawa juga membuat jantung memompa darah lebih cepat, sehingga peredaran lebih lancar.

BACA JUGA:

Cara Membesarkan Anak yang Bahagia

Membahagiakan Buruh Perempuan lewat Pameran Tulang Punggung

Detoks Media Sosial, Ampuh membuat Rasa Tenang dan Bahagia

Mengubah mood

Mood yang buruk dapat membuat seseorang tidak produktif, dan malas melakukan pekerjaan. Namun, jika ada seseorang atau sesuatu yang membuat dia tertawa, pasti orang tersebut akan lebih bersemangat dan suasana hatinya lebih baik. Dengan begitu, energi negatif yang tadinya menguasai hilang seketika.

Mengurangi rasa sakit

Beberapa penelitian menemukan bahwa penderita penyakit kronis, merasa sakitnya lebih ringan jika mereka sering ketawa. Memang, hal ini tidak bisa menyembuhkan penyakit, namun membuat seseorang yang sedang sakit lebih bahagia memberi energi positif di dalam tubuh orang tersebut. Sungguh hal yang ajaib bukan? Sudahkah kamu tertawa hari ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here