Buah Honje yang Dapat Menurunkan Demam

0
1059

Buah honje selama ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai penyedap masakan. Begitu juga bunganya yang disebut kecombrang atau rombeh, biasanya digunakan sebagai pelengkap berbagai sajian kuliner Nusantara.

Namun buah honje, khususnya honje hutan atau honje laka (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah sebagai sirup. Bukan hanya menyegarkan, sirup honje hutan ini memiliki berbagai kegunaan bagi kesehatan.

Hal ini awalnya diprakarsai oleh Oyoh Darhayati (63), warga Dusun Mangunjaya, Desa Mangunjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran. Batang honje hutan sering digunakan orang tua Oyoh zaman dahulu, termasuk neneknya, sebagai kompres ketika anak-anak sakit panas. Dan pada tahun 2012 ia kembali menemukan tanaman itu tanpa sengaja di daerah pegunungan Langkaplancar.

BACA JUGA :

Teh Putih Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Buah Blackcurrant sebagai Vitamin Alami di Musim Hujan

Membujuk Keluarga Menjalankan Diet Nasi Merah yang Lezat

Oyoh kemudian pulang dengan membawa honje-honje hutan itu dan mencoba mengolahnya. Karena yang terpikir adalah mengemas buah buah honje agar khasiatnya bisa dimanfaatkan secara praktis, ia mengolah honje hutan menjadi sirup.

Sirup Honje hasil buatan Oyoh menawarkan rasa yang unik, yakni rasa manis dan asam yang khas. Bagi mereka penggemar rujak honje, rasa dan aroma sirup ini akan mengingatkan pada bumbu rujak. Dibuatnya juga secara alami,  tanpa tambahan pemanis buatan, pewarna atau pengawet.  Hingga kini, sirup honje sudah mendapat sertifikat dinas kesehatan, sertifikat halal, dan surat ijin usaha.

Berdasarkan pengalaman Oyoh dan masyrakat sekitar yang mencobanya, manfaat honje hutan sudah terbukti dapat menjaga stamina, menurunkan kolesterol, meredakan demam, membersihkan lambung, membantu penyembuhan maag, diabetes, dan darah tinggi, serta dapat meningkatkan vitalitas pria dewasa.

Buat kamu yang ingin mencobanya, bisa membeli di ItjeHer Salon, jalan Cipete Raya no. 64, Jakarta Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here