Teh Hijau dapat Mencegah Osteoporosis

0
689

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang sehingga menimbulkan pengapuran dan pengeroposan tulang. Tulang adalah bagian terpenting dari tubuh manusia. Tanpa tulang manusia hanya seperti seonggok daging yang tak bisa kemana-mana dan tidak bisa apa-apa. Oleh sebab itulah tulang ada. Tulang menjadi penggerakan dan penyangga tubuh manusia. Jika tulang sudah keropos dan mengapur tentu manusia akan merasakan kesakitan dan kehilangan penyangga tubuhnya.

Kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis ini tergolong masih rendah. Angka kematian yang disebabkan oleh osteoporosis termasuk tinggi, hal itu disebabkan oleh kecacatan tulang hingga patah tulang yang bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Memang, osteoporosis ini banyak yang menyerang wanita. Bahkan hampir 80 persen penderitanya adalah wanita, namun pria pun tidak menutup kemungkinan untuk terkena penyakit ini. Langkah pencegahan osteoporosis sejak dini sangat diperlukan sebelum pengereposan tulang terjadi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara mencegah osteoporosis akan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan mengobatinya. Salah satu caranya adalah dengan rajin mengonsumsi teh hijau yang memiliki manfaat untuk mencegah osteoporosis. Hal itu dikarenakan kandungan di dalam teh hijau bisa membuat tulang menjadi padat terutama tulang yang ada di bagian pinggul. Penelitian yang dilakukan di Amerika menemukan fakta bahwa perempuan yang setiap paginya mengkonsumsi teh hijau secara rutin memiliki tulang panggul atau pinggul yang kuat dibandingkan dengan perempuan yang tidak rutin mengkonsumsi teh hijau.

BACA JUGA :

Manfaat Yoga untuk Anak Kecil 

Pendapat Ahli Medis Soal Obat Batuk Sirup yang Tak Manjur

Buah Honje yang Dapat Menurunkan Demam

Selain itu, Olahraga yang disarankan bagi penderita osteoporosis adalah jalan sehat dan jogging. Kedua olahraga tersebut baik bagi penderita osteoporosis dan cara untuk mencegah osteoporosis. Dengan melakukan olahraga tersebut secara rutin, tulang akan menjadi padat dan kuat sehingga terhindar dari bungkuk.

Sinar matahari di pagi hari sampai dengan pukul delapan pagi banyak mengandung vitamin D yang juga baik untuk mencegah osteoporosis.  Oleh sebab itulah, wanita diharapkan untuk bisa menyerap vitamin D yang diberikan oleh sinar matahri tersebut. Caranya adalah setiap pagi sampai dengan jam 8 melakukan olahraga jogging atau hanya sekedar jalan santai menikmati udara dan sinar di pagi hari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here