Jangan Menunggu Dewasa untuk Vaksin HPV, Ini Alasannya

0
1016
Vaksin HPV. Itjeher.com

Vaksin HPV adalah salah satu pencegahan yang digunakan untuk menghindari kanker serviks. Bagi kamu yang belum tau, kanker serviks adalah salah satu penyakit mematikan, yang disebabkan oleh virus human papillomavirus lewat hubungan seksual.

Infeksi HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Di sebagian wanita, gangguan tersebut dapat berkembang menjadi penyakit kanker serviks.

Untuk para perempuan, pembersian vaksin HPV direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pakai. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, yang kedua diberikan satu hingga dua bulan sesudahnya, dan vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama. Jadi, tidak perlu menunggu dewasa untuk mendapatkan vaksin ini. Ketiga dosis vaksin tersebut diyakini dapat menjadi perlindungan jangka panjang agar tidak terjangkit HPV.

BACA JUGA:

Pilihan Jus Diet untuk Mengecilkan Perut

Tips Menghilangkan Stres, Coba Makanan ini !

Bahaya Menggunakan Bra yang Jarang Dicuci

Efek samping dari vaksin ini umumnya tergolong ringan. Biasanya akan muncul bengkak, nyeri, kemerahan di area suntikan, serta sakit kepala. Efek samping yang sangat jarang terjadi berupa demam, mual dan rasa sakit di sekitar lengan, dan muncul ruam. Walau terbilang sangat jarang terjadi, namun vaksin HPV bisa memicu alergi yang parah atau dikenal dengan alergi anafilaksis. Karena itu, baiknya  konsultasikan dengan dokter sebelum memperoleh vaksin HPV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here