Hubungan Gagal Ginjal dan Sulit Tidur

0
1927
Gagal Ginjal dan Sulit Tidur (Foto : bruce mars dari Pexels) itjeher.com

Gagal ginjal adalah penyakit yang memiliki beberapa fase gejala dari mulai awal hingga kronis. Penderita yang mengalami penyakit ini mengalami penurunan fungsi ginjal berupa kerusakan yang awalnya dianggap ringan hingga pada akhirnya menjadi parah.

Banyak gejala yang dialami oleh penderita gagal ginjal. Selain yang bisa terlihat secara fisik seperti perubahan warna urin, urin yang mengandung darah, hingga pengalaman muntah-muntah, penderita pada tahap awal seringkali mengalami kesulitan tidur.

Kondisi sulit tidur ini dipicu oleh ginjal yang telah mengalami kerusakan hingga tidak lagi bisa menyaring racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Keadaan ini membuat seseorang merasa tidak nyaman dengan tubuhnya dan sulit untuk tidur.

BACA JUGA :

Manfaat Air Putih Hangat di Pagi Hari

Operasi Mata Katarak Gratis dari Pacific Paint

Manfaat Batu Tawas Sebagai Deodorant Alami

Tapi sebelum seseorang benar-benar terkena penyakit ginjal ini, ternyata kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan penyakit ini menghampiri. Apalagi jika dibiarkan, menurut sebuah studi yang dikeluarkan oleh Dr.Ana Ricardo dari Universitas Illinois Chicago, waktu tidur yang pendek dan tidak lelap secara signifikan meningkatkan resiko gagal ginjal menjadi kronis.

Saat tidur, ternyata tubuh sedang melakukan rejuvinasi otomatis pada fungsi ginjal. Sehingga ketika waktu tidur tersebut berkurang, maka proses perbaikan tubuh akan berkurang.

Karena keduanya berhubungan dengan saling memperburuk, orang yang mengalami gagal ginjal dan terkena dampak sulit tidur harus segera berkonsultasi dengan dokter karena seringkali terhubung dengan rasa tidak nyaman lain seperti sakit kepala hingga depresi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here