Kenali Kelainan Buah Dada

0
925

Kelainan puting payudara terkadang tidak disadari oleh banyak wanita. Seperti kita tahu, fungsi utama puting adalah menjadi pintu ASI bagi buah hati. Namun, puting juga berperan penting dalam rangsangan seksual.

Namun, banyak wanita yang tidak sadar terhadap kelainan yang mereka miliki. Kelainan ini ada yang berbahaya namun ada juga yang tidak berbahaya dan tidak perlu ditindak.

Apa saja kelainan puting payudara yang perlu diketahui? Berikut paparannya.

Pelebaran saluran susu

Pelebaran dasar saluran susu seorang wanita saat beranjak dewasa disebut ektasia atau dilatasi. Ektasia terjadi pada akhir siklus perkembangan payudara, dan jika pelebaran timbul berlebihan, puting dapat beretraksi, sehingga tampak terbelah. Kelainan ini normal dan dapat menyerang kedua payudara. Pada usia 70 tahun, sebanyak 40 persen wanita telah mengalami ektasia yang cukup penting.

Keluar cairan pada puting

Kejadian ini memang jarang terjadi dibandingkan kelainan seperti nyeri dan benjolan. Sekresi puting ini wajar terjadi bagi wanita pramenopause yang telah melahirkan anak, juga pada wanita perokok. Keluar cairan ini jarang disebabkan oleh kanker, apalagi jika terjadi di kedua payudara. Namun untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter.

Puting pecah

Biasanya kulit di area puting akan rusak karena menyusui. Karena itu, sebaiknya hal ini dicegah dengan selalu membersihkan puting setelah menyusui, dan selalu mengoleskan krim khusus puting untuk memulihkan luka-luka yang terjadi akibat menyusui. Kelainan puting payudara yang satu ini sering dialami bagi ibu yang baru saja mulai menyusui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here