Mengetahui Gejala Penyakit Lupus

0
1063
Gejala Penyakit Lupus. Itjeher.com

Gejala penyakit lupus terkadang tidak disadari oleh banyak orang. Penyakit lupus sangat identik dengan kaum perempuan, namun, masih sedikit wanita yang sadar jika terkena penyakit ini.

Lupus adalah penyakit autoimun yang bisa menyebabkan pembengkakan atau beberapa gejala lain pada tubuh. Gejala lupus juga bervariasi, beberapa mengalami yang ringan, namun ada juga yang parah.

Biasanya lupus mulai muncul di saat remaja, hingga usia 30-an dan bisa menyerang siapa saja. Karena itu, deteksi dan pencegahan dini dapat mencegah lupus menyebar ke organ tubuh seperti ginjal, jantung, dan otak. Berikut beberapa gejala yang patut diperhatikan.

BACA JUGA:

Hubungan Gagal Ginjal dan Sulit Tidur

Mengatasi Nyeri Telinga Anak Saat Naik Pesawat

Tradisi Menanam Ari-Ari seperti Cucu SBY

 Kelelahan

Sekitar 90 persen orang yang terkena lupus mengalami gejala kelelahan. Namun biasanya orang yang tetap aktif dan berkegiatan seperti biasa dapat membantu menjaga tingkat enegi tetap maksimal.

Demam

Orang yang terkena lupus biasanya mendapatkan demam tanpa sebab, yang biasanya berkisar di suhu 37-38.5 derajat celcius. Suhu tersebut kadang tidak terasa, atau hanya terasa hangat, sehingga sering diabaikan.

Rambut rontok

Ramput yang semakin lama semakin tipis karena rontok bisa menjadi tanda-tanda orang terkena lupus. Kerontokan rambut terjadi karena radang kulit kepala.

Ruam kulit

Ruam berbentuk kupu-kupu yang berada di hidung adalah salah satu gejala penyakit lupus yang paling mudah dikenali. Biasanya ruam ini muncul tiba-tiba, ketika seseorang terpapar di bawah terik matahari.

Masalah paru

Gejala lain dari lupus adalah peradangan pada sistem pulmonal. Paru-paru menjadi sering radang, dan bisa meluas ke pembuluh darah paru-paru. Hal ini bisa menyebabkan nyeri dada saat bernapas.

Mulut dan mata kering

Mata dan mulut kering bisa jadi salah satu pertanda lupus. Hal ini disebabkan karena lupus bisa mengembangkan penyakit sjogren. Ini adalah jenis penyakit autoimun lain yang membuat kelenjar air mata dan air liur terganggu. Gejala penyakit lupus ini juga bisa terjadi di vagina dan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here