Cara Mencegah Penyebaran Infeksi Impetigo Bulosa

0
697
impetigo bulosa itjeher.com

Jika ada gelembung cairan di tubuh yang mudah pecah mungkin itu adalah penyakit Impetigo Bulosa. Penyakit ini termasuk penyakit kulit yang seringkali menyerang anak dan bayi, tapi orang dewasa pun mungkin terinfeksi.

Cairan yang muncul di tubuh ini berisi bakteri dan menyebar dengan cepat di bagian epidermis kulit, apalagi jika sampai pecah. Tapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Infeksi kulit bisa dicegah dan diatasi dengan penggunaan antibiotik yang tepat.

Impetigo Bulosa bisa menyerang kapan saja, tapi yang paling umum terjadi adalah selama cuaca terasa panas, dan gejalanya terlihat muncul di sekitar wajah, leher, tangan dan daerah lipatan paha.

BACA JUGA :

Mengetahui Gejala Penyakit Lupus

Kenali Kelainan Puting Payudara

Hubungan Gagal Ginjal dan Sulit Tidur

Disebabkan oleh dua tipe bakteri yang membahayakan dan bisa menyebabkan infeksi ketika seseorang sedang punya luka yang terbuka atau digigit serangga. Sering menyerang anak-anak karena usia kecil lebih sering menggaruk tubuhnya hingga bakteri menyebar.

Walau bisa sembuh sendiri setelah beberapa hari hingga beberapa minggu, penting untuk mencegah area yang terinfeksi dengan tidak menggaruknya. Yang paling penting, bagian terinfeksi harus diobati dan jangan dibiarkan begitu saja karena penyebarannya akan semakin cepat.

Impetigo Bulosa tak akan menular dari sentuhan ringan, tapi jika terlalu dekat dengan yang terinfeksi maka sentuhan bisa menularkan penyakit. Untuk mencegah menyebar bersihkan area yang terinfeksi dengan sabun berbahan alami dan air, tutup bagian cairan dengan kasa longgar hingga bagiannya sembuh. Pastikan selalu menggunting kuku hingga pendek agar bakteri tidak hidup di kuku, dan selalu cuci tangan setelah menyentuh cairan atau orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here