Manfaat Alpukat dan Bagaimana Cara Memilihya dengan Benar

0
724

Buah yang satu ini banyak diminati oleh anak muda. Selain menyehatkan juga memberi rasa kenyang bila memakannya. Sehingga menjadi makanan diet yang menyenangkan. Bisa dicampur dengan salad dan juga oatmeal. Pilih alpukat mentega yang memiliki rasa daging buah yang legit dan terasa gurih, sehingga rasa buah ini tetap nikmat dikonsumsi meski tanpa capuran gula sekalipun.

Adapaun 5 manfaat dari buah alpukat ini adalah :

  1. Alpukat mengandung lemak baik

Lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau ‘ lemak baik ‘ , yang akan membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.

  1. Sumber vitamin E tinggi

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.

  1. Sumber serat

Alpukat mengandung serat, baik larut dan serat tidak larut. Hal ini berarti ia juga membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, membantu mempertahankan fungsi usus,  dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

  1. Alpukat mengandung Omega 3

Omega 3 yang terkandung di dalam alpukat adalah makanan bagi otak. Sehingga membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Omega 3 serta vitamin E yang secara alami ada dalam alpukat telah terbukti secara klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, dan bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal.

  1. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.

BACA JUGA :

Simak Manfaat Alpukat untuk Kulit yang Harus Diketahui

Buah Honje yang Dapat Menurunkan Demam

Cara Memilih Alpukat yang Baik :

  1. Hindari kulit alpukat yang berwarna hijau cerah, karena buah ini pasti belum matang. Pilih yang berwarna hijau gelap.
  2. Ketika ingin memilih alpukat matang, coba tekan daging buahnya. Bila sudah empuk artinya alpukat sudah matang. Usahakan untuk menekan beberapa bagian alpukat untuk memastikan buah ini sudah benar-benar matang. Pada beberapa buah, tekstur yang empuk bukan disebabkan buah sudah matang, melainkan karena adanya memar atau bagian buah yang busuk. Karena itulah kamu harus menekan buah di semua sisinya.
  3. Coba kupas sedikit kulit buah. Jika mudah dikupas berarti buah ini sudah matang.
  4. Biji buah yang matang akan terlepas dari daging buahnya dan tidak menempel. Goyangkan saja buahnya, jika biji buah tidak menempel biasanya akan terdengar bunyi biji di dalam buahnya. Selain itu buah matang juga akan terasa lebih ringan dibanding yang masih mentah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here