Mengatasi Anak yang Mengemut Makanan

0
522
Mengemut Makanan. Itjeher.com

Perilaku mengemut makanan pada anak bayi bisa menjadi mimpi buruk para ibu. Namun tahukah kamu, bahwa perilaku ini tidak muncul dengan sendirinya, melainkan ada kaitannya dengan sejarah makan si kecil?

Banyak yang menjadi penyebab anak suka mengemut makanan. Ada yang merasa dipaksa saat makan, atau ada pula anak yang ingin memperlambat waktu makan, untuk menghindari hal yang lain.

Bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa langkah yang bisa dicoba.

Berikan contoh makan yang benar

Ketika anak makan, ada baiknya orangtua juga ikut makan di hadapannya. Tunjukkan bagaimana cara menggerak-gerakan mulut dan gigi ketika mengunyah, dan cara menyuap yang benar.

Perhatikan tekstur

Berikan makanan anak dengan tekstur secara bertahap. Mulai dari yang halus dan berangsur-angsur kasar atau padat.

BACA JUGA:

Apa Penyebab Bayi 8 Bulan Meninggal di Kandungan?

Program Kehamilan Sukses Siti Nurhaliza

Usmar Ismail Sang Sutradara Film Tiga Dara jadi Google Doodle

Buat suasana menyenangkan

Jangan paksa dan marah ketika anak mengemut makanan. Buat pendekatan yang positif seperti menceritakan jenis-jenis makanan yang sedang ia makan.

Biasakan makan di meja

Jangan biasakan anak makan dengan digendong, atau sambil berjalan-jalan. Dengan kebiasaan ini anak menjadi tahu kapan waktunya makan, dan kapan ia bisa bermain.

Buat variasi menu

Agar anak tidak bosan, berikan variasi menu makan yang menarik. Jika perlu, hias dan buat makanan semenarik mungkin agar anak tidak mengemut makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here