Bagaimana Cara Memasak Quinoa sebagai Pengganti Nasi Putih

0
1194

Makanan yang satu ini sangat diminati karena sebagai makanan sehat dan tidak membuat tubuh gemuk karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu kaya akan protein, asam lemak esensial omega 3 dan juga asam lemak esensial omega 6. Sehingga selain mengenyangkan, quinoa juga memberi banyak manfaat untuk tubuh.

Karena rasanya yang tawar, quinoa dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan baik campuran sayur untuk makanan pembuka, makanan utama sebagai pengganti nasi, bahan makanan penutup, maupun sebagai bahan pembuat camilan.

BACA JUGA :

Ini Dia Manfaat Penting dari Quinoa

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet Keto

Bagaimana cara membuatnya agar tetap mengandung nutrisi ? sebelum digunakan, quinoa harus dibilas dulu untuk menghilangkan saponin pada permukaannya. Saponin menyebabkan quinoa terasa pahit saat dimakan. Pilihan lain adalah membeli quinoa yang sudah dibilas.

Cara memasaknya menjadi nasi goreng :

  1. Quinoa hampir sama dengan cara memasak nasi. Dibutuhkan air sebanyak 2 gelas untuk memasak 1 gelas quinoa. Setelah quinoa dicampur dengan air, rebus selama kurang lebih 15 menit hingga seluruh air meresap.
  2. Setelah matang, letakkan dalam panci lalu tuangkan sedikit minyak zaitun dalam wajan di atas api sedang-tinggi. Masaklah selama sekitar 1 menit. Ini akan memunculkan rasa kacang quinoa.
  3. Panaskan mentega dan tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah. Lalu masukkan wortel, kacang polong, serta bakso. Tumis sampai matang lalu kesampingkan dipinggir wajan. Masih di wajan yang sama masukkan telur kemudian orak-arik dan campurkan dengan tumisan tadi.
  4. Masukan quinoa dan lalu aduk-aduk hingga tercampur sempurna dengan tumisan. Tambahkan garam, kecap manis, dan daun bawang. Kemudian aduk-aduk lagi dan biarkan beberapa saat sampai seluruh bumbu meresap sempurna.
  5. Nasi goreng quinoa siap dihidangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here