Ternyata, Kacamata Hitam Juga Bisa Kadaluwarsa

0
917
Kacamata Kadaluwarsa. Itjeher.com

Kacamata hitam biasa dianggap sebuah investasi jangka panjang, yang bisa disimpan dan digunakan dalam waktu lama. Benda yang satu ini melindungi mata serta area di sekitarnya dari paparan sinar UV yang terkadang menyilaukan mata dan merusak kulit.

Biasanya, orang menganggap cukup memiliki satu buah kacamata yang bisa digunakan jangka panjang. Jarang orang berganti-ganti kacamata hitam, kecuali ingin mengikuti tren terkini.

Tapi, penggunaan kacamata jenis ini ternyata memiliki masa kadaluwarsa layaknya kosmetik, obat, ataupun makanan. Walau tidak kontak langsung ke bagian tubuh, ternyata benda ini juga perlu diganti secara berkala.

Studi yang dilakukan di Brazil menemukan, bahwa kandungan anti radiasi UV yang terdapat di dalam lensa kacamata hitam akan memudar seiring berjalannya waktu. Ilmuwan yang menguji lensa kacamata menemukan menemukan bahwa bar yang berfungsi melindungi tidak lagi bekerja efektif ketika kacamata hitam sudah mulai berumur.

BACA JUGA:

Efek Buruk Pakai Laptop di Atas Kasur

Hindari Makanan Ini Sebelum Infeksi Lambung

Berat Badan Naik Jika Hubungan Cinta Bahagia, Benarkah?

Menurut ahli, salah satu faktor yang berpotensi mengurangi perlindungan kacamata ini adalah penggunaan secara rutin dan juga kontaminasi air mata. Begitu juga dengan penyimpanan di tempat yagn tidak baik, dan juga kacamata yang mengalami banyak goresan.

Perlindungan UV yang semakin lama berkurang dapat meningkatkan risiko terjadinya penuaan di kulit area mata. Selain itu, hal ini juga berbahaya bagi mata karena dapat menyebabkan penyakit katarak dan kanker mata.

Jadi, agar mata dan kulit di sekitarnya tetap aman terjaga, sebaiknya ganti kacamata atau lensa kacamatanya secara rutin. Minimal penggantian setiap dua tahun sekali untuk kacamata hitam yang digunakan secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here