Jangan Minum Cuka Apel Secara Langsung

0
632
Foto Dok. Pexels itjeher.com

Cuka apel memang dikenal sebagai bahan makanan rumahan yang bisa dimanfaatkan juga untuk kesehatan tubuh hingga kulit wajah. Yang paling terkenal adalah menjadikan bahan makanan ini sebagai kunci penurun berat badan.

Manfaatnya memang tak diragukan lagi, apalagi cuka apel memang mengandung enzim, probiotik hingga bisa menyeimbangkan gula darah. Namun semakin terkenal cuka apel di kalangan masyarakat, semakin banyak juga orang yang salah kaprah dalam hal cara mengonsumsinya.

Banyak yang menganjurkan meminum cuka apel dengan cara dicampur untuk menambah manfaatnya, misalnya dengan madu yang kaya antibiotik atau dengan minyak zaitun murni yang kaya vitamin E. Tapi yang tidak mengerti seringkali meminumnya langsung tanpa campuran apa-apa dengan harapan manfaat lebih terasa.

BACA JUGA :

Makan Pasta Saat Menjalankan Diet Indeks Glikemik

Simak Bahaya Mengucek Mata Ini

Kwetiau Sebagai Pengganti Nasi yang Menyehatkan

Padahal hal ini sesungguhnya berbahaya bagi tubuh. Menurut Ellie Krieger yang merupakan seorang ahli diet, bagaimanapun bahan makanan ini tetaplah bersifat asam. Artinya dilarang dikonsumsi dengan sembarangan.

Konsumsi asam yang salah bisa berbahaya pada jaringan tisu di mulut, esofagus yang terletak di tenggorokan dan bisa mengikis lapisan gigi. Terutama untuk yang memiliki perut sensitif, menelannya secara langsung dapat mengakibatkan rasa mual.

Karenanya, jika tak ingin mencampurnya dengan bahan-bahan lain, setidaknya campurkan dengan air mineral biasa untuk mengurangi tingkat keasamannya. Bisa juga dengan cara mencampurkan cuka apel sebagai bagian dari campuran hidangan makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here