Manfaat Selada Romaine yang Perlu Kamu Ketahui

0
173
Selada Romaine. Itjeher.com

Jika kamu belum tahu, Selada memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah selada romaine. Walau jenis selada ini sedang dibicarakan banyak orang karena isu bakteri di dalamnya, namun kandungan dan nilai gizi yang terdapat di dalamnya sangatlah tinggi.

Selada ini memiliki kadar gula dan natrium yang rendah, kadar protein, kalsium, vitamin K, zat besi , juga vitamin C yang tinggi. Selain itu selada ini juga memiliki kandungan tujuh belas kali vitamin A, menarik bukan?

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari satu porsi selada romaine.

Rendah kalori

Dalam satu cangkir selada romaine yang diparut, hanya mengandung 12 kalori. Karena itu, selada ini baik digunakan untuk menu diet.

Menurunkan berat badan

Selada mengandung serat dan selulosa yang dapat meningkatkan sistem pencernaan tubuh. Dengan kata lain, selada ini dapat membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Membantu mengatasi insomnia

Selada romaine juga mengandung lactucarium. Cairan berwarna putih ini memiliki sifat menenangkan, yang merangsang seseorang untuk beristirahat. Zat ini memiliki efek yang mirip dengan opium namun tanpa efek samping.

BACA JUGA:

Kamu Memilih Diet Yang Mana ?

Tubuh Langsing dengan Diet Oatmeal

Jangan Minum Cuka Apel Secara Langsung

Alkaline

Mineral di dalam selada dapat membantu mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan asam. Kadar asam yang seimbang otomatis tubuh memiliki energi yang lebih besar, pikiran lebih jernih, tidur lebih nyenyak, dan kulit lebih sehat.

Nutrisi yang tidak rusak

Selada biasanya dimakan tanpa diproses atau mentah. Hal ini yang menyebabkan kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak rusak atau berkurang karena proses pengolahan. Namun hati-hati dalam membersihkan selada romaine, pastikan kamu mencuci dengan air panas matang untuk membunuh semua bakteri dan kotoran yang terdapat di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here