Kurangi Risiko Stroke dengan Rajin Sauna

0
1769
Sauna Kurangi Risiko Stroke, Sumber Foto: Pixabay.com. Itjeher.com

Sauna adalah sebuah kegiatan yang dapat merileksasi tubuh. Masuk ke dalam ruangan beruap panas ini dapat membuat tubuh lebih hangat, sekaligus mengurangi tekanan darah. Karena itu, kegiatan ini juga memengaruhi risiko tubuh lebih kecil terkena stroke.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 1600 orang di Finlandia meneliti tentang efek sauna yang dapat terjadi dalam tubuh seseorang, dan dilakukan selama 15 tahun. Sauna di Finlandia sangatlah umum, sehingga kebanyakan orang memiliki fasilitas ini di rumah masing-masing.

Hasilnya, orang-orang yang menghabiskan waktu bersauna selama empat hingga 7 hari dalam seminggu memiliki risiko terkena stroke 61 persen lebih rendah dibanding orang yang pergi bersauna seminggu sekali.

Peneliti menemukan bahwa keuntungan bersauna ini tetap memiliki efek meski responden juga melakukan hal-hal lain yang dapat memengaruhi tingginya potensi terkena serangan jantung, seperti berolahraga, memiliki kolesterol tinggi, merokok, dan diabetes.

BACA JUGA:

Berkeringat di Master Class STRONG by Zumba Oleh Sana Studio

Tips Diet Ala Jennifer Lawrence

Pankreatitis Akut, Penyakit yang Diderita Avicii

Namun, peneliti mengingatkan bahwa hasil studi mereka baru sebatas observasi belaka. Selain itu metode penelitian dilakukan berdasarkan jawaban kuesioner dan tidak melakukan pembuktian sebab dan akibat. Namun, para ahli sebelumnya menyarankan agar orang tua dengan tekanan darah rendah, mereka yang baru terkena serangan jantung, dan mereka yang terkena angina tidak melakukan sauna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here