Pakai Madu untuk Redakan Gatal Karena Eksim

0
3522
Madu untuk Eksim (Foto : pexels) itjeher.com

Eksim yang menyebabkan permukaan kulit jadi meradang berwarna merah, pecah-pecah dan terasa gatal termasuk dalam penyakit kronis yang bisa kambuh kapan saja. Penyakit ini tak seperti infeksi jamur yang terjadi akibat pengaruh eksternal dan kekebalan tubuh yang kurang, melainkan bersifat atopi atau kelainan dengan dasar genetik. Penyakit akan semakin menjadi jika dipicu oleh berbagai kondisi.

Walau penyakit ini kebanyakan diderita oleh anak kecil, bukan tak mungkin orang dewasa juga mengalaminya. Banyak pengobatan yang ditawarkan untuk meredakan dan menyembuhkan eksim. Namun salah satu yang paling alami dan terkenal adalah dengan menggunakan madu sebagai pertolongan pertama.

Madu yang telah sejak lama dijadikan obat bagai berbagai macam penyakit ampuh meredakan rasa gatal di kulit karena mengandung antibakteri. Untuk penderita eksim, madu akan lebih baik jika dicampur dengan beeswax dan minyak zaitun.

BACA JUGA :

Betadine Feminine Wash, Baru !

Kurangi Risiko Stroke dengan Rajin Sauna

Berkeringat di Master Class STRONG by Zumba Oleh Sana Studio

Selain campuran tersebut, bisa juga mencoba kombinasi lainnya seperti madu dan kayu manis, atau madu dengan lemon. Jenis madu yang dianggap memberi hasil signifikan pada pengobatan adalah Manuka yang punya kemampuan baik dalam menyembuhkan dari penyakit dan meregenerasi pertumbuhan kulit baru.

Walau demikian, penggunaan adu bukan sepenuhnya tanpa resiko. Madu yang masih sangat murni dan belum diproses bisa saja mengandung racun dan bakteri, sehingga sebaiknya tidak digunakan oleh pengidap eksim yang berusia di bawah 8 bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here