7 Cara untuk Mencegah Stres dan Menurunkan Tekanan Darah

0
528
menghadapi stres. itjeher.com.

Setelah beraktifitas seharian dan menghadapi kemacetan jalan di ibukota membuat orang  mudah menjadi stres. Saat stres itu muncul, mood seseorang pun secara drastis dapat berubah. Bahkan, dapat mengangganggu kesehatan. Misalnya saja dapat dapat menimbulkan darah tinggi.

Untuk mencegah hal itu, kamu dapat melakukan cara yang sederhana untuk mengurangi stres. Antara lain :

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk dapat berdampak negatif terhadap susasana hati. Sehingga, sering kali kurang tidur akan memengaruhi mental dan kesehatan fisik. Sebaiknya melakukan berbagai cara agar tidur kamu berkualitas, misalnya menghirup aromaterapi yang membuat mudah tidur, hindari gadget dan suara berisik dari TV di dalam kamar tidur dan hindari kafein berlebih.

BACA JUGA : Tips Tidur Nyenyak yang Berkualitas

  1. Melakukan Relaksasi

Tidak ada salahnya jika kamu mempelajari tehnik relaksasi. Misalnya saja melakukan meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga dan lainnya. Alasan melakukan relaksasi ini untuk menenangkan diri seseorang, Sehingga berdampak baik untuk kesehatan.

  1. Memperkuat Jejaring Sosial

Memiliki jaringan yang kuat kepada banyak orang khususnya para sahabat yang dapat membuat kamu merasakan mendapat dukungan dari mereka, juga dapat mencegah stres. Sehingga memiliki waktu untuk berbincang atau bercanda dengan mereka adalah sangat penting.

  1. Atur Waktu Seefisien Mungkin

Semakin kamu efisien dalam membagi waktu antara urusan pekerjaan, rumah dan keluarga dapat merendah tingkat stres kamu.

  1. Selesaikan Masalah Dengan Cepat

Usahakan permasalahan yang membuat kamu stres segera diselesaikan. Jangan biarkan situasi itu membebani hidup kamu. Lakukan sesi pemecahan masalah terhadapt orang terdekat atau terkasih.

  1. Memiliki Waktu Sendiri atau Me Time

Setelah beraktifitas, kamu harus memiliki waktu untuk benar-benar memanjakan diri sendiri. Misalnya saja kamu pergi liburan, mendengarkan musik favorit, melukis, membaca buku dan segala hal yang bisa membuat kamu bahagia.

  1. Memiliki gaya hidup sehat

Menjaga pola hidup sehat sangat penting. Seperti menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok, olahraga teratur dan diet yang baik membuat tekanan darah pun stabil.

Penulis : Rani Ayu Utami

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here