Hati-Hati dengan Gejala Penyakit yang Muncul di Bulan Puasa

0
803
Waspada Penyakit di Bulan Puasa, Sumber Foto: Pixabay.com. Itjeher.com

Sebentar lagi bulan Puasa tiba, kondisi kesehatan dan juga mental juga harus dipersiapkan agar lancar menjalani ibadah. Menjalankan puasa tanpa persiapan yang matang, bisa menimbulkan banyak masalah. Bisa-bisa, tubuh jatuh sakit saat menjalani puasa.

Agar puasa tetap lancar, berikut beberapa gangguan kesehatan yang patut diwaspadi selama menjalani ibadah.

Kelelahan

Saat bulan puasa, tubuh biasanya bangun lebih dini hari untuk sahur dan tidur larut malam usai salat tarawih. Pola tidur yang berubah dan cenderung lebih sedikit sedangkan aktivitas tetap sama seperti biasanya membuat tubuh rawan kelelahan. Untuk mengurangi risiko kelelahan ini, ada baiknya mengonsumsi asupan vitamin dari sayuran dan buah-buahan atau menambah suplemen vitamin.

Asam lambung

Gangguan asam lambung merupakan salah satu penyakit yang kerap datang saat bulan Ramadan. Biasanya asam lambung tersebut meningkat karena perut tidak diisi makanan seperti biasa. Agar maag tak menyerang sebaiknya jangan lewatkan waktu sahur. Serta, hindari makanan dan minuman yang dapat meningkat asam lambung seperti kopi, soda, dan gorengan saat perut masih dalam keadaan kosong.

Dehidrasi

Saat bulan puasa, sering kali tubuh kekurangan cairan dan membuat dehidrasi. Jika kebutuhan air tak mencukupi, sistem kerja organ dapat terganggu dan meningkatkan risiko penyakit. Salah satu tanda tubuh kekurangan air dapat dilihat dari bibir pecah-pecah, kulit kering, urin yang berwarna dan berbau.

BACA JUGA:

Label Vanilla Hijab Bersilaturahmi Sebelum Bulan Ramadhan Tiba

Mengendalikan Amarah di Bulan Puasa

Coba Pose Yoga Ini untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Sembelit

Pola makan yang tak teratur serta kurangnya asupan cairan jadi salah satu pemicu munculnya konstipasi. Agar sembelit tak datang pada bulan puasa, konsumsi makanan kaya serat dan cairan sangat diperlukan. Serat bisa didapat dari sayuran hijau dan juga buah-buahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here