Ternyata, Ini Sederet Hal yang Dapat Sebabkan Bau Mulut

0
145
Penyebab Bau Mulut, Sumber Foto Pixabay. Itjeher.com

Bau mulut menjadi salah satu permasalahan paling sering ditemukan ketika berpuasa. Tampaknya, banyak orang yang merasa tidak mungkin menjalani puasa tanpa bau mulut. Penyebab timbulnya bau mulut atau halitosis disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) maupun yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik).

Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut.

Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut. Gigi tiruan yang tidak dibersihkan dengan baik juga menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.

BACA JUGA:

Kayu Manis untuk Nafas Segar

Hati-Hati dengan Gejala Penyakit yang Muncul di Bulan Puasa

7 Cara untuk Mencegah Stres dan Menurunkan Tekanan Darah

Untuk memastikan bau mulut yang Anda alami diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi guna memastikan apakah penyebab dari dalam rongga mulut atau bukan dan apakah terkait gangguan pencernaan,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here