Tetap Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya

0
707
Tips Olahraga Selama Bulan Puasa, Sumber Foto Pixabay. Itjeher.com

Di bulan Puasa, pastinya badan menjadi lebih lemas dari biasanya. Hal ini amat wajar karena ketika biasanya asupan tubuh masuk tiga kali dalam sehari, terganti menjadi lebih sedikit. Otomatis, kegiatan rutin yang biasa dilakukan, seperti olahraga, menjadi hal yang tampak mustahil untuk dilakukan.

Puasa memang mengharuskan tubuh untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Tak heran, siang dan sore hari menjadi waktu yang sangat berat, dan membuat tubuh lemas. Namun ternyata, olahraga bisa tetap dilakukan. Bahkan, beberapa penelitian menemukan jika tubuh berhenti olahraga selama sebulan, akan memengaruhi ketahanan tubuh dan menurunkan kekuatan otot.

Jenis olahraga yang tepat

Banyak sekali jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama berpuasa. Sebaiknya, hindari olahraga intensitas tinggi seperti sepak bola atau tenis, karena akan membuat tubuh kehilangan banyak energi dalam waktu yang cepat. Olahraga seperti berenang santai, jalan santai, yoga, tai chi, atau bersepeda bisa jadi pilihan yang pintar.

BACA JUGA:

Tips Melakukan Hubungan Suami Istri di Bulan Ramadhan

Ternyata, Ini Sederet Hal yang Dapat Sebabkan Bau Mulut

Coba Pose Yoga Ini untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Waktu yang tepat

Waktu yang tepat bisa mendukung kelancaran kamu berolahraga selama bulan puasa. Sebaiknya, jangan berolahraga di siang hari karena berisiko mengalami dehidrasi. Sebaiknya, pilih pagi hari dimana tubuh masih memiliki tenaga yang cukup banyak untuk beraktivitas. Namun ingat, hal ini isa membuat tubuh merasa lelah sesudahnya.

Banyak orang yang memilih sore hari, satu atau dua jam sebelum waktu berbuka. Hal ini juga bisa membuat kamu mengalihkan pikiran dari rasa lapar dan haus, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here