Ini Penyakit yang Menyerang Tubuh Saat Makan Berlebih di Bulan Puasa

0
427

Umat muslim di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Dimana mereka yang berpuasa harus menahan haus dan lapar selama 13 jam dalan satu bulan penuh lamanya. Biasanya saat berbuka puasa, kebanyakan orang cenderung mengonsumsi banyak makananan. Namun saat berbuka puasa kamu juga harus memperhatikan asupan yang dimakan.

Menurut Assistant Brand Manager Mylanta, Dinda Parameswari, bahwa saat menjelang buka puasa sebaiknya  mengonsumsi makanan dan minuman yang dibutuhkan tubuh saja. “Biasanya orang cenderung lapar mata liat makanan dan ingin mengonsumsi semuanya atau makan sembarangan. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit maag,” ujarnya.

Hal ini perlu diwaspadai, sebab maag bisa saja menyerang akibat pola makan berlebih. Dinda Parameswari menambahkan, studi internal Mylanta menemukan 63 persen sakit maag timbul karena pola makan. “Biasanya perut kosong, lalu lapar mata pesan apa saja yang terlihat. Ini yang berbahaya,” ujarnya.

BACA JUGA :

Tetap Olahraga Saat Puasa ? ini Tips

7 Cara untuk Mencegah Stres dan Menurunkan Tekanan Darah 

Ternyata, Ini Sederet Hal yang Dapat Sebabkan Bau Mulut

Melihat kondisi itu, Mylanta mengadakan kampanye #MakanBijak untuk mengajak masyarakat untuk mengonsumsi makanan tidak berlebih, serta berbagi dengan sesama. Dalam kampanyenya di beberapa mal ibukota, Mylanta membuat sebuah stand yang terdapat kardus yang digunakan untuk para pengunjung mal ketika hendak makan. Dan sebelum dimakan, makanan tersebut harus disisihkan terlebih dahulu ke kardus tersebut agar tidak terbuang sia-sia.

Selain itu, membeli makanan buka puasa yang terlalu banyak dapat menimbulkan food waste atau makanan sisa yang terbuang. Dinas DKI Jakarta pada 2016 mengungkapkan, adanya peningkatan volume sampah sebesar 10 persen pada 10 hari pertama Ramadhan.

“Ayo kita bantu kurangi sampah makanan. Makan secara bijak juga baik bagi kesehatan perut, pencernaan kita bisa lebih terjaga dan nyaman ketika berpuasa,” ajaknya.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here