Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Obat Kumur Antiseptik

0
399

Selama berpuasa, hal yang tidak bisa dihindari adalah bau mulut. Hal itu lantaran mulut kita kekurangan cairan karena tidak terisi oleh makanan ataupun minuman selama 14 jam. Menurut dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia, mengatakan bahwa penyebab bau mulu saat berpuasa karena mulut kan kering akibat air liur berkurang.

“Kurangnya asupan berkurangnya kegiatan mengunyah sehingga kondisi keasaman mulut meningkat. Kalau asam meningkat, bakteri akan tumbuh. Sehingga memicu terjadinya bau mulut,”ungkap dr. Mery.

Untuk mencegah terjadi nya bau mulut, Mery pun menyarankan untuk melakukan gargle. Gargle merupakan cara berkumur yang benar, yakni dari rongga mulut hingga pangkal tenggorok.

BACA JUGA :

Ini Penyakit yang Menyerang Tubuh Saat Makan Berlebih di Bulan Puasa

Tetap Olahraga Saat Puasa ? Ini Tipsnya

Berdasarkan hasil penelitian pun menunjukan bahwa untuk mencegah bau mlut dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan mouthwash antiseptik yang mengandung Povidone-lodine.

Hal itu juga diakui oleh dr, Mery yang mengatakan, “Providone-lodine 10% merupakan zat antimikroba yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan daerah mulut dan tidak menimbulkan resistensi. Hal ini pun sudah terbukti secara klinis dapat membunuh kuman seperti bakteri, jamur ataupun virus di area mulut dan tenggorok secara efektif.”

Tidak hanya itu saja, obat kumur antiseptik yang mengandung Providone-lodine 1% ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka infeksi di rongga mulut, dan membantu menghentikan pendarahan. Salah satunya Betadine Kumur Antisepktik yang bisa kamu beli di apotik ataupun gerai obat lainnya.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here