Penyebab Hipertiroid yang Diderita Jet Li

0
953
Jet Li, sumber foto Instagram. Itjeher.com

Aktor laga Jet Li baru-baru ini dikabarkan menderita penyakit hipertiroid dan masalah tulang belakang. Ia telah mengidap penyakit ini selama lima tahun, setelah lama tidak terlihat di layar kaca. Apa sebenarnya penyakit hipertiroid?

Hipertiroid merupakan kondisi saat kadar hormon tiroksin terlalu tinggi. Hormon tiroksin dihasikan oleh kelenjar tiroid. Kelenjar ini terletak pada leher bagian depan. Hormon tiroksin berfungsi mengatur metabolisme. Gangguan pada produksi hormon otomatis membuat metabolisme tubuh Jet Li terganggu.

Hipertiroid dapat disebabkan oleh penyakit graves atau penyakit autoimun. Tubuh membuat antibodi yang disebut thyroid-stimulating immunoglobulin (TSI). Antibodi membuat kelenjar tiroid terlalu aktif dan produksi hormon terlalu banyak.

Penyebab kedua ialah Tiroiditis atau peradangan pada kelenjar tiroid akibat infeksi bakteri, virus atau produksi antibodi yang menyerang kelenjar tiroid. Kerusakan kelenjar berakibat pada kebocoran hormon tiroid.

Selain itu, hipertiroid dapat disebabkan oleh nodul tiroid atau kemunculan gumpalan yang terbentuk pada kelenjar tiroid, efek samping obat, kanker tiroid, kehamilan, tumor adenoma pada kelenjar hipofisis atau kelenjar yang terletak di dasar otak.

BACA JUGA:

Michelle dan Barack Obama akan Garap Film dengan Netflix

Marcella Zalianty Meluncurkan Komik Kisah Kepahlawanan Indonesia

Gejala penyakit ini antara lain peningkatan tekanan darah, tremor, sering berkeringat, sulit konsentrasi, buang air lebih sering, denyut jantung tidak teratur, sulit tidur, mual dan muntah, rambut rontok, kelenjar tiroid membesar, ginekomastia atau pembesaran kelenjar payudara pada pria dan gangguan irama jantung. Penyakit ini membuat Jet Li harus menjalani rangkaian perawatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here