Buah Kurma Dapat Mengatasi Anemia dan Penyakit Jantung

0
736

Pada saat bulan Ramadhan, buah kurma menjadi kudapan yang dicari dan dianggap memiliki nilai agama yang tinggi. Karena Rasulullah s.a.w. pernah bersabda, “Rumah yang tiada kurma seperti rumah yang tidak mempunyai makanan“. Selain itu, kurma telah disebutkan dalam Al-Qur’an 20 kali, salah satunya memiliki arti :

“ Jika seorang dari kamu berpuasa, biarkan dia berbuka dengan kurma Dalam hal ia tidak memiliki mereka, kemudian dengan air Sesungguhnya air adalah pemurnian.”

Kurma diangkat tinggi oleh Rasulullah karena mempunyai nilai gizi yang tinggi, karena mengandung zat besi, potasium, magnesium, protein, serat, kalsium dan vitamin. Oleh karena itu, manfaat mengonsumsi kurma adalah :

  1. Mengatasi Anemia

Kurma memiliki banyak sekali zat besi, yang membuatnya menjadi suplemen diet yang tepat untuk orang yang menderita anemia. Tingginya jumlah zat besi dalam kurma akan mengatasi kekurangan zat besi pada menderita anemia.

  1. Meningkatkan Berat Badan

Kurma memiliki protein, gula dan banyak vitamin dan mineral penting. Satu kilogram kurma mengandung 3000 kalori. Sehingga dapat membantu menambah berat badan.

  1. Memperkuat Tulang

Kandungan mineral yang signifikan dalam kurma baik untuk memperkuat tulang dan dapat mencegah osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, magnesium dan tembaga, yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

  1. Sehat untuk Jantung

Kandungan potasium dalam kurma, akan mengurangi risiko stroke dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Selain itu, mengonsumsi kurma akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Cara memilih kurma yang benar :

  1. Pilih kurma dengan kemasan yang baik. Jika Anda membeli di pinggir jalan hindari memilih buah dengan kemasan yang kotor. Debu dan asap akan memengaruhi rasa dan kualitas serta kebersihan kurma.
  2. Telitilah buah kurma saat akan membeli. Lihat bagian kulit arinya. Pilih buah kurma dengan kulit ari yang masih utuh dan belum terkelupas.
  3. Buah kurma yang baik memiliki bentuk yang besar. Pilihlah kurma yang besar karena buah kurma yang kecil berarti sudah terlalu lama hingga mengering.
  4. Pegang buah kurma dan pilihlah yang tidak lengket. Kurma yang baik dan manis tidak memerlukan tambahan gula atau madu. Ini biasanya merupakan trik si penjual karena kurma yang kurang baik.
  5. Pilih kurma dengan warna cokelat, merah, dan kekuningan. Jika terlalu merah sehingga terlihat hitam itu berarti buahnya kurang baik dan sudah lama.
  6. Pilih kurma dengan batang yang masih utuh. Ini dipercaya dapat mempertahankan rasa manis buah kurma.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here