Hilangkan Depresi dengan Melakukan Yoga

0
2082

Mengalami stres yang tak kunjung usai membuat kamu menjadi depresi. Dan jika sudah seperti itu, berbagai penyakit pun akan menghampiri tubuh kamu. Agar tidak terjadi, alangkah baiknya kurangi depresi dengan melakukan yoga.

Diketahui sejak tahun 1970-an, yoga atau meditasi dengan teknik-teknik khusus yang dapat mengurangi depresi sudah ada. Bahkan sampai saat ini pun meditasi tersebut semakin dikenal luas oleh masyarakat. Namun amat disayangkan, cara tersebut kurang mendapat perhatian dalam segi medis.

BACA JUGA :

7 Cara untuk Mencegah Stres dan Menurunkan Tekanan Darah

Jus Kiwi dan Semangka Berfungsi Untuk Menurunkan Berat Badan

Tambah Nutrisi di Bulan Puasa dengan Minum Jus Wortel dan Jeruk

Padaha yoga merupakan  salah satu alternatif yang efektif meredakan depresi. Dengan melaukan yoga, diketahui dapat melatih pernapasan, yang membuat menurunkan gejala depresi. Kini, Kelas yoga sangat bervariasi, dari yang ringan hingga berat dan menantang. Untuk pilihan gaya, cenderung didasarkan pada kemampuan fisik pribadi masing-masing.

Beriktu manfaat yoga lainnya :

  1. Dengan adanya berbagai macam latihan yoga menunjukkan bahwa mereka dapat mengurangi dampak dari respon stres yang berlebihan dan juga bermanfaat baik untuk kecemasan dan depresi. Dalam hal ini, yoga berfungsi seperti teknik menenangkan diri lainnya, seperti meditasi, relaksasi, olahraga, atau bahkan bersosialisasi dengan teman-teman.
  2. Melakukan yoga, maka akan menurunkan gairah fisiologis. Misalnya, mengurangi denyut jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi respirasi. Ada juga bukti bahwa latihan yoga membantu meningkatkan variasi denyut jantung, indikator kemampuan tubuh untuk merespons stres secara lebih fleksibel.
  3. Teknik yoga dapat membantu seseorang mengatur stres mereka sendiri. Sehingga pasien yang mengalami depresi, kecemasan dan stres, akan lebih mudah mengetahui gejalanya dan bisa mengaturnya agar tidak bertambah parah atau bahkan menguranginya.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here