Kesalahan Sahur yang Buat Lemas Saat Puasa

0
1635
Kesalahan saat Sahur yang Buat Tubuh Lemas, Itjeher.com

Sahur menjadi momen penting untuk membuat tubuh fit seharian puasa. Namun, tidak jarang orang yang merasa lemas selama puasa, walaupun sudah sahur dengan menu yang lengkap dan banyak.

Ternyata, banyak sekali orang yang melakukan kesalahan saat sahur, sehingga puasa mereka justru terasa lemas dan susah berkativitas. Apa saja kesalahan tersebut? Berikut paparannya.

Terlalu banyak makan
Sebagian orang mencoba makan dengan porsi besar atau sebanyak mungkin, dengan harapan mereka bisa kenyang lebih lama hingga tiba saat buka puasa. Padahal, makan banyak saat sahur akan menjadi beban bagi perut. Menyebabkan gangguan pencernaan, dan juga kembung.

Kembali tidur
Hindari langsung tidur setelah sahur karena bisa memicu asam lambung balik arah ke kerongkongan sehingga menyebabkan gangguan saluran cerna. Akibatnya asam lambung naik dan bisa menimbulkan banyak komplikasi kesehatan. Sebaiknya, lakukan aktivitas seperti berjalan sebentar keliling rumah.

Mengonsumsi minuman manis
Sudah jadi kebiasaan orang Indonesia untuk minum teh hangat dalam jumlah banyak saat sahur. Namun ternyata, teh mengandung kafein dan bersifat diuretik, artinya meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Makan menu manis
Hindari asupan karbohidrat lain dari makanan manis seperti cokelat, kue atau permen. Makanan tinggi karbohidrat sederhana dicerna dengan cepat oleh tubuh sehingga energinya juga lebih cepat dilepas dari tubuh. Akibatnya tubuh jadi makin lemas di siang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here