Hati-Hati, Kenali Gejala Tubuh Kurang Istirahat

0
1348
Kenali Tanda Tubuh Kelelahan. Sumber Foto Pixabay. Itjeher.com

Kurang istirahat adalah salah satu masalah besar bagi tubuh, karena Istirahat adalah kebutuhan tiap manusia. Agar tenaga kembali terisi dan prima menjalani aktivitas, idealnya tubuh beristirahat setiap hari selama 7-8 jam. Banyak sekali efek buruk yang akan dirasa, jika istirahat tidak dilakukan dengan benar.

Kurang istirahat dapat menyebabkan kantuk di siang hari, kesulitan mengatur emosi, kinerja yang buruk, obesitas, dan kualitas hidup yang rendah.

Apa saja tanda-tanda tubuh kurang tidur dan butuh istirahat? Berikut paparannya.

Kulit

Sebuah penelitian menemukan ada hubungan antara masalah kulit seperti munculnya jerawat saat tubuh kurang tidur. Di samping itu, kurang tidur juga merusak sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membuat risiko tubuh mengalami banyak masalah.

Berat badan

Tubuh akan cenderung merasa lapar saat kurang tidur dan berakibat pada meningkatnya berat badan. Saat tubuh merasa lapar, muncul keinginan untuk mengonsumsi banyak makanan dan biasanya berupa makanan cepat saji yang dapat meningkatkan risiko obesitas.

Hal ini juga terjadi lantaran terdapat hormon yang dapat mengendalikan rasa lapar dalam tubuh yakni ghrelin dan leptinhanya bisa bekerja saat terlelap. Saat tidur nyenyak dan cukup, tubuh dapat membuat dua hormon itu bekerja.

BACA JUGA:

Kesalahan Sahur yang Buat Lemas Saat Puasa

Hilangkan Depresi dengan Melakukan Yoga

Tips Belanja Lebaran Agar THR Tidak Langsung Lenyap

Mata

Mata yang merah, bengkak, lingkaran hitam, dan kantung mata merupakan sejumlah tanda yang muncul ketika tubuh kurang tidur. Penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur cenderung menciptakan lebih banyak kerutan, garis dan bengkak pada mata.

Fokus berkurang

Kurang tidur juga memiliki efek tubuh jadi susah fokus dan gampang lupa, tak hanya itu, orang juga mudah grogi dan pusing. Akibatnya, orang yang kurang istirahat bakal kesulitan dalam berkegiatan seperti belajar, bekerja dan berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here