Hubungan Intim Ternyata Berpengaruh Untuk Daya Ingat

0
528

Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan bahwa adalah hubungan sebab akibat antara hubungan intim dengan kemampuan daya ingat manusia di atas 50 tahun. Penelitian ini melibatkan 6.016 peserta yang semuanya berusia di atas 50 tahun.

Dan diketahui bahwa mereka yang aktif berhubungan intim atau seksual, memiliki ingatan yang lebih baik daripada yang tidak aktif.

Studi ini dipimpin oleh Mark Allen, berdasarkan data dari English Longitudinal Study of Aging dan dipublikasikan di jurnal Archives of Sexual Behaviour. 

Dalam penelitian ini, peserta ditanyai berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, pola makan dan aktivitas seksual. Mereka juga mengikuti tes ingatan secara episodik pada 2012 dan 2014. Mark Allen lalu membandingkan hasil tes memori itu.

Hasilnya, Mark menyimpulkan bahwa para orangtua itu mulai menunjukkan tanda-tanda kehilangan memori. Namun, mereka yang gemar berhubungan seksual secara intim dapat melakukan tes ingatan yang lebih baik. Ini menunjukkan seringnya aktivitas seksual memili efek positif pada ingatan dalam jangka pendek.

BACA JUGA:

Hati-Hati, Kenali Gejala Tubuh Kurang Istirahat

Kesalahan Sahur yang Buat Lemas Saat Puasa

Hilangkan Depresi dengan Melakukan Yoga

Namun, menurut Allen studi ini masih belum dapat membuktikan hubungan frekuensi seks dengan kekuatan ingatan dalam jangka panjang. “Penelitian lebih lanjut dianjurkan menggunakan kerangka waktu yang lebih lama dan langkah-langkah alternatif penurunan kognitif,” tulis Allen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here