Seorang Ayah Sangat Berperan Penting Dalam Hal Menyusui Sang Buah Hati

0
585

Menyusui merupakan tindakan yang sering dikaitkan dengan seorang ibu. Namun, nyatanya, menyusui harus dikaitkan juga dengan sang ayah. Agar sang anak mendapatkan ASI harus dilakukan oleh kedua orang tuanya. Memang, sang ayah tidak secara langsung yang memberikan ASI. Tapi, peran ayah dalam hal ini pun sangat dibutuhkan.

Menurut Khyati Choudhary, yang juga seorang konsultan laktasi bersertifikat, bagaimana seorang ayah dapat memainkan peran penting dalam menyusui. “Seorang ibu yang sehat akan membuat bayi yang sehat dan karenanya adalah tanggung jawab ayah untuk memastikan bahwa pasangannya dapat beristirahat, makan dan minum untuk mendapatkan dan memberikan nutrisi yang tepat,” kata Choudhary.

Jadi, hal yang dilakukan oleh seorang ayah yaitu meningkatkan kepercayaan diri kepada pasangan dan mendorongnya untuk mempelajari hal-hal yang baru mengenai menyusui.

BACA JUGA :

Hubungan Intim Ternyata Berpengaruh Untuk Daya Ingat

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Semangka

Cara lain yang bisa dilakukan suami untuk mendukung istrinya memberi ASI, adalah :

  1. Saat istri mulai menyusui, sang ayah harus melihatnya, hal itu untuk menunjukan kepedulian kamu terhadap pasangan dan anak.
  2. Untuk membuat istri tidak kesulitan saat menyusui sang anak, maka bebaskanlah istri kamu dari pekerjaan rumah yang banyak. Melihat sang istri yang baru saja melahirkan, suami harus sigap membantu nya dalam menyiapkan makanan dan minuman dengan benar. Sehingga, sang istri merasa siap untuk melakukan tantangan pasca melahirkan dan merawat kesehatannya dengan benar.
  3. Pastikan bahwa pasangan suami dan istri mendapat bantuan dari konsultan ahli atau laktasi jika ada kesulitan dengan proses menyusui.  Jika sang istri ingin berhenti menyusui tapi sang bayi masih butuh ASI,  seorang suami harus memberi dukungan positif agar sang istri terus semangat memberikan ASI kepada anak.
  4. Masukan ASI kedalam botol, sehingga seorang suami dapat memberikan ASI langsung kepada anak. Dan hal ini sebaiknya rutin dilakukan oleh seorang ayah.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here