Belanja Tanpa Plastik di Belanda

0
299

Semenjak tahun 2016, pemerintah Belanda telah menerapkan larangan pemberian kantong plastik secara cuma-cuma. Karena itu, penggunaan plastik di Belanda menurun hingga 71 persen. Kurang lebih 300 tempat usaha telah menerapkan peraturan tersebut.

Penggunaan yang berkurang membuat sampah plastik juga berkurang hingga 40 persen. Orang juga tidak lagi meminta kantong plastik ketika berbelanja. Jika pembeli tetap menginginkan kantong plastik, mereka bisa membeli dengan harga 11 ribu Rupiah per kantong.

Kebanyakan masyarakat kini membawa kantong belanja sendiri, atau menggunakan kantong kertas (paper bag) yang biasanya tetap disediakan oleh para penjual. Selain kertas, pemerintah juga sedang mengusahakan hadirnya kantong kertas yang ramah lingkungan.

Selain itu, pada bulan Mei kemarin jaringan supermarket, Ekoplaza, juga membuat lorong khusus barang-barang yang bebas kemasan plastik. Rencananya, hingga akhir tahun ini pengelola Ekoplaza akan menerapkan konsep tersebut di 74 tokonya yang tersebar di seluruh Belanda.

BACA JUGA:

Mengenal Buah Tin yang Dapat Mengurangi Lemak di Tubuh

Makanan Untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan oleh U.S National Oceanic and Atmospheric Administration di tahun 2011, tiap tahuna da 300 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di dunia. Sebagian besar terbuang ke laut, yang membahayakan ekosistem di dalamnya. Sedangkan sampah plastik butuh waktu hingga 1000 tahun untuk bisa terurai dan lenyap dari bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here