Melakukan Peregangan Untuk Menjaga Persendian Tubuh

0
348

Jika mendengar kata stretching atau peregangan identik dilakukan sebelum atau sesudah berolahraga. Namun, nyatanya melakukan peregangan setiap hari memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kamu lho !

Melakukan peregangan sederhana hanya satu atau dua kali sehari,  dapat secara dramatis membantu seseorang meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan keseimbangan, dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh otot dan kekakuan sendi. Bahkan, melakukan peregangan dapat mengruangi risiko nyeri otot.

BACA JUGA :

BOOM ! Berikan Pengalaman Olahraga Boxing Untuk Bakar Kalori

Yoga Baik Untuk Penderita Nyeri Punggung

Ini Dia Penyebab Utama Pipi Chubby

Manfaat lain melakukan peregangan yaitu mengurangi nyeri punggung. Biasanya, setiap nyeri punggung itu disebabkan oleh otot yang kaku atau tegang. Sehingga, dengan melakukan peregangan, maka otot-otot kamu akan mudah lentur dan mengurangi terjadi nya nyeri pada punggung.

Sebuah panel ahli yang diselenggarakan oleh American College of Sports Medicine (ACSM) bahwa orang dewasa harus melakukan latihan kelenturan. Seperti peregangan atau yoga. Salah satu yang mudah dilakukan yaitu peregangan pada kelompok otot-tendon utama, seperti leher, bahu, dada, batang, punggung bagian bawah, pinggul, kaki, dan pergelangan kaki.

Untuk hasil optimal, kamu harus menghabiskan total 60 detik untuk setiap latihan peregangan. Lakukan bertahap dan terbagi dalam 4 sekuen. Masing-masing 15 detik, istirahat sebentar lalu ulangin lagi hingga 4 kali sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Setidaknya lakukan secara rutin sebelum atau sesudah beraktivitas.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here